6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel

Jum'at, 05 Februari 2021 - 08:46 WIB
loading...
6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel
Dengan ketiadaan sejumlah perangkat pendukung ponsel di boks, konsumen dipaksa untuk membeli aksesoris lagi guna melengkapi fungsi ponsel. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Industri ponsel pintar berkembang dan begitu pula pasar aksesoris . Beberapa tahun lalu, saat Anda mendapatkan ponsel baru, kita akan memiliki sebagian besar aksesoris yang dibutuhkan di dalam kotak.

Namun, pada tahun ini, kita berada pada titik di mana Anda hanya akan mendapatkan unit telepon. Jika ada hal lain di dalam kotak, itu hanya buku panduan pengguna. Sebagian besar pabrikan tidak lagi menyertakan casing ponsel atau earpiece di dalam kotak.

Faktanya, dengan tren saat ini, kita mungkin harus segera memperlakukan kepala pengisi daya atau charger sebagai aksesoris. Bagaimana tidak, sebut Giz China, smartphone seperti seri iPhone 12, Xiaomi Mi 11, seri Samsung Galaxy S21 tidak lagi memiliki pengisi daya di dalam kotak.

Pilihan aksesori smartphone sangat tergantung pada pengguna. Apa yang disukai penggila gambar atau video berbeda dari apa yang diinginkan pencinta musik. Faktanya, pengguna kelas berat atau yang benar-benar ceroboh dengan smartphone akan membutuhkan aksesori berbeda.

Hal baiknya adalah, apa pun kelas pengguna Anda, selalu ada sesuatu untuk Anda. Jadi, berikut ini enam (6) aksesori terpenting untuk smartphone 2021:

Powerbank Portabel
Ponsel Anda tidak berguna jika baterainya sudah mati. Inilah mengapa secara teknis semua orang membutuhkan powerbank. Bagi mereka yang berada di negara-negara dengan catu daya stabil, ini menjadi praktis saat bepergian. Namun, bagi mereka yang berada di wilayah berkembang atau tertinggal, Anda mungkin membutuhkan powerbank untuk penggunaan sehari-hari.
6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel

Beberapa smartphone memiliki baterai hingga 5.000 mAh, kapasitas yang sangat besar. Namun saat kita dalam perjalanan kereta api selama 14 jam, maka ponsel menjadi satu-satunya pendamping Anda.

Streaming akan menghabiskan begitu banyak baterai, bahkan bermain game akan memakan lebih banyak waktu, dan banyak lagi. Tentu saja, dalam skenario seperti itu, powerbank untuk daya ekstra menjadi sangat penting.

Tahun 2021 kita memiliki banyak powerbank di pasar. Sebagian besar powerbank ini memiliki kapasitas lebih dari 10.000 mAh. Mereka portabel dan dapat masuk ke dalam saku atau tas Anda dengan mulus. Bahkan, Anda bahkan bisa mendapatkan powerbank portabel 20.000 mAh.

Menariknya, berat rata-rata 10.000 powerbank adalah sekitar 180 gram. Ini tentang bobot banyak smartphone di pasaran. Jadi, meskipun Anda memiliki baterai 4.000 mAh yang merupakan ukuran baterai yang dapat diterima di ponsel Android, yakinilah powerbank 10.000 mAh Anda akan memberi Anda setidaknya dua kali lebih banyak daya dari normal.

Baca juga: Pakai AI, Kamera Google Pixel Bakal Bisa Baca Detak Jantung

Casing Ponsel
Handphone kita menjadi jauh lebih mahal dan jelas membutuhkan lebih banyak perlindungan. Selain itu, banyak flagship dan bahkan smartphone kelas menengah kini hadir dengan material yang rapuh.
6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel

Kini banyak smartphone flagship di pasaran yang menggunakan kaca belakang. Seluruh bodi ponsel bisa jadi kaca kecuali bagian samping aluminium. Meskipun bahan bangunan (kaca) ini memberikan tampilan premium pada ponsel, namun membuatnya lebih rapuh.

Beberapa pabrikan menggunakan Corning Gorilla Glass, tapi ini tidak menjamin perlindungan mutlak dari kejatuhan. Tidak ada yang akan senang memiliki ponsel seharga Rp14 jutaan dengan bagian belakang yang retak dalam beberapa bulan. Inilah mengapa casing ponsel sangat penting.

Casing ponsel memberi perangkat perlindungan ekstra yang dibutuhkannya dari jatuh. Selain itu, Anda tidak akan terlalu berhati-hati dengan permukaan tempat Anda menjatuhkan ponsel.

Jadi, jika kasar dengan smartphone, Anda benar-benar membutuhkan casing ponsel. Jika tidak, ponsel akan kehilangan tampilan premiumnya dalam beberapa bulan.

Selain itu, mungkin perlu untuk mendapatkan casing tahan air jika Anda berlibur di pantai dan aktivitas serupa. Namun, ini mungkin bukan kasus untuk penggunaan sehari-hari dan jelas tidak sepenting casing ponsel biasa. Hal baiknya adalah kasing telepon tidak terlalu mahal.

Pelindung Layar
Sejumlah orang mengatakan pelindung layar mengurangi sensitivitas sentuhan layar sentuh. Dan yang lainnya mengatakan itu membuat ponsel terlihat jelek.
6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel

Namun Anda dapat mempertimbangkan kembali keputusan Anda untuk tidak menggunakan pelindung layar setelah menyadari bahwa layar adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah smartphone. Saat ini, Anda bisa menghabiskan lebih Rp4 juta untuk mengganti layar iPhone 11 Pro Max.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy S20 Ultra, Anda akan menghabiskan tidak kurang dari Rp3,5 juta untuk penggantian layar. Ya uang ini bisa ditukar dengan smartphone 5G kelas menengah seperti yang ditawarkan Xiaomi.

Headphone/Earpiece
Pencinta musik dan video sudah tak bisa lagi berharap mendapatkan aksesoris favoritnya di dalam boks ponsel yang dibelinya. Karena kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan earpiece di dalam kotaknya.

Perangkat audio ini sangat diperlukan, meskipun Anda tidak menyukai musik atau video. Ini penting untuk multitasking (menerima telepon dan mengerjakan tugas). Dalam menghadapi banyaknya konferensi video, headphone adalah aksesoris yang sangat penting.

Tongkat Selfie
Bagi banyak pengguna, terutama yang suka mengabadikan momen, selfie stick merupakan aksesoris smartphone yang sangat penting. Anda dapat meregangkan lengan setiap saat hanya untuk mengambil foto selfie lanskap.
6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel

Tongkat selfie tidak terlalu populer lagi tapi masih berguna bagi banyak pengguna. Sayangnya, beberapa pengguna tidak begitu menyadari bahwa mereka membutuhkan tongkat selfie.

Tongkat selfie dengan panjang bentangan hingga 36 inci dan panjang retraksi 7 inci cukup bagus. Ini dapat dengan mudah masuk ke dalam dompet dan mungkin saku.

Banyak sekali faktor yang harus diperhatikan saat membeli tongkat selfie. Anda harus mempertimbangkan kompatibilitasnya dengan smartphone Anda. Dari segi harga, Anda bisa mendapatkan tongkat selfie dengan harga antara Rp14.000 hingga Rp1,4 juta. Itu tergantung pada gadget pilihan Anda.

Lensa Kamera Ekstra
Beberapa tahun lalu, ini akan menjadi salah satu aksesori smartphone terpenting yang dibutuhkan oleh pecinta gambar/video. Namun sekarang tidak lagi demikian.
6 Aksesoris Smartphone Terpenting untuk Melindungi dan Memaksimalkan Ponsel

Kamera smartphone sekarang secara teknis memiliki semua yang Anda butuhkan. Mereka memiliki sensor telefoto, kedalaman, makro, dan bahkan sensor sudut ultra lebar. Dalam hal piksel, smartphone sekarang memiliki hingga 108 MP yang mungkin berlebihan.

Namun, jika ponsel cerdas Anda bukan unggulan terbaru, Anda mungkin tidak memiliki akses (2020) ke beberapa fitur ini. Oleh karena itu, untuk mendapatkan foto yang bagus, Anda mungkin memerlukan lensa sudut lebar 36X yang memungkinkan mengambil bidikan panorama. Sedangkan lensa makro 25X untuk menangkap detail halus, dan lainnya.

Kesimpulan
Ada banyak aksesoris smartphone lainnya seperti kepala charger, kabel pengisi daya, SD Card, dudukan telepon, dan lainnya yang bisa masuk daftar. Namun, kami menganggap daftar ini sebagai yang "paling penting" kecuali item terakhir (lensa kamera tambahan) yang tidak terlalu penting di tahun 2021.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)