Peserta XL Future Leaders Gali Kemampuan IoT dari Pakar Huawei

Kamis, 04 Februari 2021 - 22:29 WIB
loading...
Peserta XL Future Leaders Gali Kemampuan IoT dari Pakar Huawei
Tampak sesi pertama dari program tahun 2021 melalui webinar bertema Roads to IoT Business" dari XL Future Leaders Program. Foto/Ist
JAKARTA - XL Future Leaders Program sudah memasuki usia ke-9 tahun. Diperhelatan tahun ini, Huawei Indonesia ikut terlibat dengan memulai sesi pertama dari program tahun 2021 melalui webinar bertema “Roads to IoT Business”.

Sebanyak 460 peserta dari enam kota di Indonesia berpartisipasi secara virtual pada gelaran yang dibuka oleh I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata dan Catherine Guan, Huawei Account Director untuk XL Axiata, Rabu (3/2/2021). Baca juga: Tantangan Astronot Muslim di Luar Angkasa, Mulai Waktu Salat hingga Arah Kiblat

XL Future Leaders (XLFL) merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang telah mengantongi pengakuan publik atas kontribusinya. XLFL, yang sudah diselenggarakan sejak 2012 sebagai wujud komitmen berkelanjutan dari perusahaan untuk bangsa, bertujuan membangun kompetensi dan daya saing generasi muda Indonesia melalui pengembangan keterampilan nonteknis.

Melalui program XLFL, peserta akan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat dalam membantu mereka beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi. Selain itu, salah satu program XLFL adalah untuk mempertajam kemampuan kepemimpinan yang sangat diperlukan oleh peserta yang tengah menyiapkan diri memasuki dunia profesional.

XLFL terdiri dari dua jenis program yaitu Global Thinking Program dan eLearn.id. eLearn.id sendiri merupakan platform online learning yang dihadirkan dalam bentuk Massive Open Online Course (MOOC), terbuka untuk umum, gratis dan dihadirkan sepenuhnya secara daring. Adapun Global Thinking Program merupakan program pengembangan soft skills selama dua tahun untuk mahasiswa yang saat pendaftaran berada di tahun pertama dan tahun kedua bangku kuliah.



Untuk bisa terpilih mengikuti program ini, peserta harus mengikuti berbagai persyaratan termasuk di dalamnya seleksi yang ketat. Bagi mahasiswa yang terpilih akan mengikuti workshop selama dua tahun, yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dan mensyaratkan adanya 100% komitmen serta kehadiran peserta.

Sebagai mitra, Huawei akan turut berbagi topik-topik yang beragam, salah satunya adalah tentang “Problem analysis Decision Making”. Huawei berharap, para peserta dari kalangan generasi muda Indonesia akan mendapatkan manfaat optimal baik dari pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan maupun dari program kepemimpinan masa depan.

"Mulai tahun 2021 ini, XLFL melakukan pengembangan materi kurikulum dengan lebih menyesuaikan pada perkembangan teknologi digital yang terjadi pada saat ini. Salah satu bentuknya, selain melalui lokakarya regular, kami juga melakukan penambahan materi edukasi untuk para mahasiswa, bisa berupa penambahan pengetahuan dari berbagai pihak di luar XLFL," ucap I Gede Darmayusa.

Di tahap awal ini, lanjut dia, XLFL menggandeng Huawei untuk memberikan materi terkait teknologi. Huawei memiliki program edukasi Huawei Learning Service yang dapat dikolaborasikan.

Dia menambahkan, training mengenai IoT dari Huawei ini akan menambah pengetahuan para mahasiswa XLFL. Pemberi materi merupakan para ahli dari perusahaan teknologi yang memiliki proyek di seluruh dunia.



Kedua tema pelatihan tersebut, ujar I Gede Darmayusa, diperlukan untuk melengkapi pembelajaran mereka tentang kepemimpinan. Sehingga diharapkan pada saat peserta sudah menjadi pemimpin di masa depan, mereka mampu membuat keputusan dan menganalisis problem.

"Training ini sekaligus akan melengkapi berbagai kelas regular XLFL yang selama ini telah mereka peroleh dari lokakarya, mentoring, juga webinar yang mengajarkan berbagai ketrampilan nonteknis," tandasnya.

Ada dua tema utama untuk materi yang akan diberikan oleh para pengajar dari Huawei. Yaitu, mengenai “Roads to IoT Business” yang akan memberikan gambaran mengenai solusi IoT dari sisi bisnis. Materi ini juga akan bermanfaat bagi mereka jika hendak menjadikan solusi IoT sebagai bisnis yang akan mereka geluti di masa depan.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE