Cara Mengunci dan Menyembunyikan Folder di Windows pada Komputer dan Laptop

Kamis, 04 Februari 2021 - 22:01 WIB
loading...
Cara Mengunci dan Menyembunyikan Folder di Windows pada Komputer dan Laptop
Menggunakan kata sandi untuk melindungi folder berarti pengguna harus memasukkan kata sandi untuk melihat isi dokumen yang ada di folder. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jika menggunakan komputer atau laptop bersamaan dengan orang lain, ada baiknya merahasiakan beberapa dokumen yang dirasa penting. Caranya dengan membuat password untuk mengunci folder tempat penyimpanan dokumen tersebut.

Menggunakan kata sandi untuk melindungi folder berarti pengguna harus memasukkan kata sandi untuk melihat isi dokumen yang ada di folder. Pengguna juga dapat melindungi setiap file dengan kata sandi, baik dalam folder yang dilindungi kata sandi atau dalam folder tanpa perlindungan kata sandi. Prosedurnya sama untuk fail dan folder.

Namun, cara untuk menguncinya tergantung pada versi sistem Windows yang digunakan. Berikut ini cara untuk mengunci folder di komputer atau laptop, dilansir dari Crucial, Kamis (4/2/2021).

Windows 7
Pada Windows Explorer, cari folder yang mau dilindungi dengan password. Kemudian klik kanan pada folder tersebut. Lalu pilih Properties pada menu dan pilih General.

Setelah itu, pilih Advanced, kemudian pilih Encrypt content to secure data, dan klik OK. Nama pengguna dan password telah aktif. Klik dua kali di folder tersebut untuk memasgikan dapat diakses.

Windows 8 dan Windows 10
Tidak bisa menggunakan Windows untuk melindungi folder dengan kata sandi di Windows 8 atau Windows 10. Perlu mengunduh perangkat lunak pihak ketiga atau menggunakan folder zip.

Jika memilih untuk menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, pastikan mengunduhnya dari sumber yang memiliki reputasi baik.

Zipper Folder
Melindungi fail zip dengan kata sandi adalah solusi yang bisa dilakukan jika versi Windows tidak mendukung perlindungan kata sandi. Pada Windows Explorer, temukan kemudian klik kanan pada fail yang mau dimasukan ke dalam fail zip.

Kemudian pilih Send to, lalu Zip folder (compressed). Ikuti petunjuk untuk memberi nama dan penyimpanan folder.

Kemudian klik dua kali pada fail zip yang sudah jadi, lalu pilih File dan Add Password. Isi informasi yang diminta lalu klik Apply.

Menyembunyikan Folder
Pada Windows 7, 8, dan 10, caranya dengan klik kanan folder atau fail yang ingin disembunyikan, lalu pilih Properties. Kemudian pilih General, di bawah Attributes centang pilihan Hidden, dan pilih Apply.

Jika folder atau fail tetap terlihat di layar, pilih File di Windows Explorer, lalu Options, kemudian pilih View. Di bawah Hidden files and folders, pilih Don't show hidden files, folder, or drives.

Untuk melihat kembali folder yang disembunyikan, ikuti instruksi sebelumnya. Tapi pastikan klik Show hidden files, folder, or drives.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)