5G Bukan Cuma Kecepatan Internet, tapi Juga Buat Spesifikasi Ponsel Canggih

Kamis, 04 Februari 2021 - 20:44 WIB
loading...
5G Bukan Cuma Kecepatan Internet, tapi Juga Buat Spesifikasi Ponsel Canggih
Kehadiran jaringan internet generasi kelima (5G) pada akhirnya akan membuat spesifikasi ponsel makin canggih. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kedatangan 5G rupanya tak hanya berdampak pada kualitas internet , tapi juga ke spesifikasi ponsel. Sebab seiring dengan hadirnya 5G, maka spesifikasi ponsel juga akan ikut diubah.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, di masa depan ponsel yang mendukung jaringan 5G tidak akan ada tambahan MicroSD. Karena seluruh penyimpanan akan berpindah ke cloud, memori di ponsel hanya akan digunakan untuk aplikasi.

"Lainnya seperti video, karena latensinya rendah dikirimnya sudah ke cloud computing itu lebih cepet," kata Aryo dalam acara Oppo 5G Academy, Kamis (4/2/2021).

Sedangkan bagi pengguna yang sering memainkan game berat, Aryo memastikan, mereka tidak perlu menyimpan game berukuran besar di ponselnya karena bisa mengandalkan cloud gaming.

"Dengan server yang ada di belahan dunia sana kita bisa memainkan grafis seperti game-game yang ada di Xbox atau PS4 langsung di ponsel, berarti penyimpanannya tidak untuk game lagi," tuturnya.

Untuk itu, menurut Aryo, cloud sendiri sudah menjadi hal mutlak di masa depan. Sebab dengan menggunakan cloud, pengguna bisa dengan mudah membuka dan mengirim file-file berukuran besar. Apalagi jika sudah ada jaringan 5G.

"Sebenarnya Oppo sudah memiliki cloud sistem sendiri, nanti mungkin seiring pemerataan komersialisasi itu akan berkembang," pungkasnya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)