Google Bangun Chipset Sendiri untuk Saingi Qualcomm

Jum'at, 17 April 2020 - 17:03 WIB
loading...
Google Bangun Chipset Sendiri untuk Saingi Qualcomm
Google dibantu Samsung akan memproduksi chipset yang diperuntukkan bagi handphone-nya sendiri, Pixel. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google rupanya sedang membuat langkah baru. Kini raksasa teknologi itu dikabarkan sedang mengembangkan chipset atau prosesornya sendiri untuk memperkuat smartphone miliknya, Pixel.

Menurut laporan dari Axios yang dikutip dari Tech Radar, Jumat (17/4/2020), prosesor ini bakal debut di handphone terbarunya pada awal tahun depan. Jika benar, prosesor dari Google ini disebut akan menjadi pesaing kuat pemain chipset lain seperti Qualcomm.

Chip dengan kode nama Whitechapel diduga akan diproduksi dengan teknologi 5nm Samsung dan fitur prosesor ARM 8-core. Chipset juga akan memiliki perangkat keras yang dioptimalkan untuk bekerja dengan teknologi pembelajaran mesin Google dan juga Google Assistant.

Selain ditujukan untuk Pixel, laporan itu mengatakan bahwa 'versi berikutnya' dari chip tersebut akan digunakan untuk Chromebook. Bahkan Google dilaporkan juga telah mempekerjakan desainer chipset dari Intel dan Qualcomm untuk mengembangkan perangkat itu.

Jika benar, maka pemain chipset di dunia akan bertambah. Sebelumnya industri seluler sudah dipasok oleh Samsung, Intel, Huawei, Qualcoom, MediaTek, dan Apple.
(iqb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1311 seconds (11.252#12.26)