Tiga Contoh Kegunaan Jaringan 5G di Smartphone Menurut OPPO

Kamis, 04 Februari 2021 - 12:02 WIB
loading...
Tiga Contoh Kegunaan Jaringan 5G di Smartphone Menurut OPPO
OPPO 5G Academy Vol 1: 5G Talk With Reno5 5G yang berlangsung, Kamis (4/1) menghadirkan OPPO, Qualcomm, dan Smartfren.
A A A
JAKARTA - Perhelatan OPPO 5G Academy Vol 1: 5G Talk With Reno5 5G memberikan banyak sekali insight atau prediksi terhadap apa saja yang bisa dilakukan jaringan 5G nantinya di Indonesia. Terutama, apa dampak jaringan 5G yang bisa dirasakan langsung oleh konsumen.

PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan, OPPO sudah mulai merilis perangkat 5G di Indonesia sejak 2020 silam. Tepatnya, dimulai dengan model premium OPPO Find X2 dan OPPO Find X2 Pro.



Pada 21 Januari kemarin, OPPO kembali mengenalkan ponsel 5G pertama di 2021, yakni OPPO Reno 5G.

Aryo menegaskan bahwa OPPO sebagai penyedia perangkat mobile sudah sangat siap menyongsong era jaringan 5G di Indonesia dengan menghadirkan berbagai produk 5G berkualitas yang dapat menyentuh berbagai lapisan masyarakat.

Baca Juga: Ponsel Lipat Huawei Mate X2 Bakal Meluncur 22 Februari

”Kami berharap agar nantinya masyarakat lebih mengerti soal teknologi, perkembangan, dan penggunaan jaringan 5G di masa depan,” beber Aryo. Nah, di OPPO 5G Academy Vol 1: 5G Talk With Reno5 5G, terungkap 3 hal penting yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna saat smartphone mereka sudah bisa mengakses jaringan 5G:

Cloud Gaming
Tiga Contoh Kegunaan Jaringan 5G di Smartphone Menurut OPPO

Salah satu keunikan jaringan 5G adalah latensinya yang sangat rendah. Bisa mencapai 1 milidetik. Bandingkan dengan jaringan 4G LTE yang latensinya 30-40 milidetik. Dampaknya, pengguna bisa memainkan game Triple AAA di smartphone secara online tanpa membebani grafik/GPU ponsel.

”Konsumen nantinya bisa memainkan game-game Xbox di perangkat smartphone. Karena pemrosesan gim dilakukan langsung lewat cloud yang memiliki latensi sangat rendah,” ujar Aryo. ”OPPO pernah menguji cloud gaming di Mobile World Congress (MWC). Menggunakan platform Shadow, kami memainkan game yang servernya di Belanda,” ia menambahkan.

Kolaborasi Online
Tiga Contoh Kegunaan Jaringan 5G di Smartphone Menurut OPPO

Latensi rendah jaringan 5G di smartphone berdampak pula pada produktivitas. ”Nantinya, pengguna bisa berkolaborasi langsung untuk mengedit sebuah dokumen atau presentasi hingga 10 orang-20 orang sekaligus lewat platform cloud,” ujar Aryo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3487 seconds (0.1#10.140)