Kesal Lagi WFH Kerja Notebook Lambat? Ini Cara Mengatasi Laptop Lemot

Minggu, 31 Januari 2021 - 19:00 WIB
loading...
Kesal Lagi WFH Kerja Notebook Lambat? Ini Cara Mengatasi Laptop Lemot
Menaruh banyak aplikasi di bagian desktop juga merupakan salah satu penyebab perangkat lemot dalam merespons perintah pengguna. Foto/ist
JAKARTA - Di masa wabah virus Corona , laptop atau notebook sudah menjadi teman sehari-hari dalam aktivitas ngantor dan lainnya. Karena itu, kalau tiba-tiba laptop lemot akan sangat menyulitkan kita menuntaskan pekerjaan sesuai deadline .

Tapi jangan panik! Bila laptop sudah terlanjur lemot, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Baca juga: Jangan Mager! Ini Pentingnya Menulis dengan Alat Tulis Dibanding Mengetik di Laptop

Dilansir dari berbaga sumber, berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba guna menuntaskan persoalan laptop lemot:

1. Copot alias Uninstall Aplikasi
Kalau di laptop Anda banyak aplikasi, cobalah untuk mengurangi perangkat lunak yang dianggap tidak diperlukan. Sebab kebanyakan aplikasi pada perangkat bisa membuat kapasitas penyimpanan di Drive C penuh dan imbasnya membuat sistem menjadi lama saat membaca harddisk.

Segerakan menyensor aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai. Setelah itu, Anda bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi-aplikasi tersebut untuk mengurangi lemot. Kalian cukup menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan, karena aplikasi yang menganggur akan memenuhi laptop dan membuat kinerja laptop menurun.



2. Cek Spesifikasi Laptop
Sedari sekarang, ketahuilah tentang spesifikasi laptop kalian. Hal ini bisa berguna ketika akan memasangkan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi prosesor dan RAM yang dimiliki laptop.

Jika terlalu memaksakan mengunduh, meski perangkat tidak mampu menampung, maka bersiaplah saja laptop jadi melambat alias lemot.

3. Buka Aplikasi Pilihan
Penting dicatat, aplikasi secara berlebihan menjadi salah satu pemicu perangkat lemot abis. Sebab tindakan ini memaksakan kinerja RAM. Anda perlu menyesuaikan penggunaan aplikasi dengan spesifikasi laptop yang dimiliki.

Atau kita bisa juga mengaktifkan task manager guna mengontrol penggunaan RAM sewaktu menjalanlan sejumlah solusi digital dalam waktu bersamaan.

4. Tambah Kapasitas RAM
Kalau dianggap banyak aplikasi memang dibutuhkan, solusi mengatasi laptop lambat lainnya ialah penambahan RAM. Dengan catatan, enggak asal menambah kapasitas RAM. Kita juga wajib mempertimbangkan spesifikasi RAM-nya -RAM DDR3, RAM DDR3L, atau RAM DDR4.



Kita juga wajib memerhatikan kapasitas maksimal RAM yang bisa ditanamkan ke perangkat notebook.

5. Bersih-bersih Drive C
Yang harus diperhatikan lagi, berapa usia perangkat Anda. Kalau sudah di atas tiga tahun, performanya dipastikan bakal menurun. Jadi salah satu jalan keluarnya ialah membersihkan bagian Drive C.

Lakukan juga pencopotan program dan solusi digital yang dianggap memberatkan kinerja perangkat untuk memperbaiki kinerjanya.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE