Apa itu Router dan Lima Fungsi Utamanya

Senin, 18 Januari 2021 - 06:02 WIB
loading...
Apa itu Router dan Lima Fungsi Utamanya
Ilustrasi Router. FOTO/ Ist
JAKARTA - Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda jika mendengar kata router dan bagaimana sebuah router bekerja. BACA JUGA: Honda N-VAN Bertema Open Cafe ini Bikin Jatuh Cinta

Ya, router adalah perangkat keras (hardware) yang akan menghubungkan beberapa jaringan. Dalam hal ini, alat ini mampu untuk menentukan sumber paket data dan tujuan paket data akan dikirim walaupun tujuan transmisi berada pada jaringan yang sama ataupun berbeda.

Bisa dikatakan router merupakan sebuah alat penghubung antar jaringan komputer. Dengan menggunakan Router kita dapat dengan mudah dan efesien mengelola jaringan lokal ataupun jaringan WAN. Baca juga: Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,5 Km, Tinggi Kolong 500 Meter
Apa itu Router dan Lima Fungsi Utamanya

Merangkum dari berbagai sumber, MInggu (20/11/2021), berikut 5 fungsi router.

1. Menghubungkan jaringan



Fungsi router yang pertamaadlaah sebagai penghubung jaringan. Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari lokasi tertentu ke jaringan lainnya.

Perangkat ini diperlukan untuk mengarahkan paket data tersebut ke jaringan dan dengan rute yang sesuai.

2. Menyaring jaringan ke DSL

Fungsi router yang ketiga adalah untuk menyaring suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router.

Namun, sebenarnya tidak semua router memiliki fungsi yang sama.

3. Packet filtering fouter



Untuk dapat menjalankan fungsi ini, router yang digunakan biasa disebut packet filtering router. Router ini akan memutuskan lalu lintas data yang terpancar melalui broadcast.

Sehingga akan mencegah terjadinya broadcast storm. Hal ini dapat menyebabkan kinerja jaringan melambat.

4. Menganalisis Paket Data

Router juga memiliki fungsi untuk menganalisis paket data yang masuk. Dalam menganalisis paket data, router akan menyeleksi paket tersebut untuk masuk ke dalam jalur yang paling optimal dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Data tersebut kemudian akan masuk ke dalam tabel routing. Proses outing ini terbagi menjadi dua, yaitu static routing dan dynamic routing.

5. Mentransmisikan Informasi

Fungsi berikutnya dari router adalah untuk mentransmisikan informasi atau data. Alat ini akan mentransmisikan informasi dari jaringan tertentu ke jaringan lainnya.

Fungsi ini mirip dengan bridge atau jembatan jaringan alias penghubung dari satu perangkat ke perangkat lain.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE