Tips Melawan Bullying saat Main Game Online Versi Kaspersky

Selasa, 12 Januari 2021 - 11:25 WIB
loading...
Tips Melawan Bullying saat Main Game Online Versi Kaspersky
Bullying terhadap seseorang bisa terjadi di mana saja, termasuk di ranah permainan game online. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setiap orang bisa saja mengalami penindasan ( bullying ) saat bermain game. Lalu apa yang harus dilakukan jika para gamer agresif menargetkan Anda?

Berikut tips dari perusahaan keamanan siber Kaspersky bagi para gamer untuk menghindari bullying saat bermain game: (Baca juga: Among Us Jadi Game Seluler Paling Banyak Diunduh di 2020 )

1. Tetap Tenang
Walaupun terdengar klise, coba ingat bahwa apa pun yang ditulis oleh para pengganggu kepada Anda hanyalah kata-kata di layar. Ingatlah bahwa siapa pun yang memulai perkelahian, siapa pun yang berpartisipasi dapat mendapatkan teguran karena mengeluarkan kata-kata tidak baik.

Jangan panik jika Anda diancam akan dilaporkan karena menyebabkan kekalahan. Selama tidak melanggar aturan permainan apa pun, tidak akan ada yang dapat mencekal Anda. Diskusikan setiap konflik dalam permainan dengan orang yang Anda percaya, seperti teman atau keluarga.

Itu akan memberi kesempatan untuk melepas beban dalam diri, serta memberikan perspektif berbeda, dan perasaan nyaman. Dukungan emosional sangat penting bagi siapa pun yang merasa terguncang.

2. Laporkan
Anda dapat melaporkan setiap pemain yang meresahkan. Hampir semua game online menyediakan mekanisme untuk mengungkapkan tentang pengguna yang berperilaku tidak pantas terhadap orang lain.

Misalnya, moderator Steam mendesak pengguna untuk melaporkan pelanggaran yang dilakukan oleh anggota komunitas. Mereka juga menjatuhkan larangan keras untuk penghinaan dan agresi. Meskipun pengganggu tidak langsung ditindak, baik di Steam atau game tertentu, pengaduan Anda dapat memberkan notifikasi.

Kemudian, jika orang lain mengeluh hal yang sama tentang mereka, pelaku intimidasi akan mendapat perhatian khusus. Misalnya, Xbox memiliki sistem reputasi untuk para gamer. Jika seseorang terus-menerus menerima keluhan, mereka mungkin tidak akan diblokir, tapi lingkaran permainannya akan dibatasi -mereka harus bermain dengan para pengganggu lainnya.

3. Blokir pemain game agresif atau filter pesan obrolan
Sebagian besar platform game menampilkan alat di luar pelaporan untuk memerangi penyalahgunaan. Anda dapat mengatur filter obrolan otomatis untuk menghindari hal yang paling tidak menyenangkan.

Jika mendapati pelecehan pada saluran suara, Anda dapat nonaktifkan rekan pemain yang agresif tersebut. Jika mendapati pelecehan selama dan di luar game, tambahkan para pemain tersebut ke daftar blokir Anda agar mereka tidak menghubungi lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)