Makin Sengit, Bos Apple dan Facebook Ribut Soal Aturan Privasi Pengguna

Kamis, 24 Desember 2020 - 07:02 WIB
loading...
Makin Sengit, Bos Apple dan Facebook Ribut Soal Aturan Privasi Pengguna
ilustrasi logo Facebook. FOTO/ IST
A A A
MENLO PARK - Ketegangan antara Tim Cook dan perusahaan besutan Mark Zuckerberg Facebook terus memanas. BACA JUGA - Sinovac Dibeli Indonesia, China Borong Vaksin COVID-19 Buatan Jerman dan Inggris

Baru-baru ini, Tim Cook kembali membahas fitur di iOS 14 yang bisa menghalangi aplikasi seperti Facebook untuk memonitor aktivitas pengguna. BACA JUGA- 1,2 Juta Dosis Diborong Indonesia, Riset Sebut Imunitas Vaksin Sinovac Terendah

Lewat unggahan di media sosial Cook mengatakan bahwa pengguna internet harusnya memiliki hak untuk mengetahui data mereka dikumpulkan oleh perusahaan seperti Facebook.

"Kami yakin pengguna harus memiliki pilihan atas data yang dikumpulkan tentang mereka dan bagaimana data itu digunakan," tulis Cook dikutip dari akun Twitternya, Rabu (23/12/2020).

"Facebook dapat terus melacak pengguna di seluruh aplikasi dan situs web seperti sebelumnya, Transparansi Pelacakan Aplikasi di iOS 14 hanya akan mengharuskan mereka meminta izin Anda terlebih dahulu," lanjut cuitan Cook.

https://twitter.com/tim_cook/status/1339720611313065984?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1339720611313065984%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fkumparan.com%2F

Sebelumnya, Facebook mengkritik dan menuding Apple melakukan praktik anti-kompetitif.

Tudingan ini makin memanaskan perselisihan keduanya yang sudah terjadi selama beberapa bulan ke belakang, setelah Apple mengubah aturan privasi di iOS 14.

Sebagai bentuk protes, Facebook bahkan memasang iklan sehalaman penuh di sejumlah surat kabar untuk memajang kritikan dan tudingannya ini.

Masalah antara dua perusahaan teknologi ini berawal dari aturan baru Apple di iOS 14 soal pembatasan kemampuan aplikasi untuk mengumpulkan data dari pengguna ponsel yang dijadikan target untuk iklan mereka.

Apple mengatakan aturan barunya tidak akan mengharuskan Facebook mengubah "pendekatan untuk melacak pengguna dan membuat iklan bertarget", tapi hanya mengharuskan Facebook untuk memberi pengguna di perangkat Apple pilihan apakah setuju dalam praktik pengambilan data tersebut.

“Kami percaya bahwa ini adalah masalah sederhana dalam membela hakpengguna kami. Pengguna harus tahu kapan data mereka dikumpulkan dan dibagikan ke seluruh aplikasi dan situs web lain - dan mereka harus memiliki pilihan untuk mengizinkannya atau tidak, ”kata Apple dalam sebuah pernyataan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)