Jangan Mudah Percaya di Internet, Ini Tips Aman Berinvestasi

Rabu, 23 Desember 2020 - 10:27 WIB
loading...
A A A
Jangan sembarangan memilih instrumen investasi, pastikan Anda mengetahui keuntungan yang diperoleh dari mana. Jika sumber penghasilan tidak jelas, waspada money game dan investasi bodong.

Tanpa mengetahui berbagai macam instrumen investasi, maka sulit menentukan pilihan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

3. Menyesuaikan risiko
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, keuntungan berbanding lurus dengan risikonya. Apabila instrumen investasi memberikan imbal balik yang besar dalam waktu singkat, berarti risiko kehilangan uang juga besar. Begitupun sebaliknya, investasi dengan risiko rendah menawarkan keuntungan yang relatif kecil.

Sebagai investor pemula, jenis investasi yang cocok untuk dipilih tentu yang berisiko rendah. Seiring berjalannya waktu, kamu bisa belajar lebih banyak tentang investasi dan bisa memilih instrumen investasi berisiko tinggi.

Sebagai contohnya adalah saham. Saham mampu membuat kamu langsung jadi milyader, begitupun pula bisa melibas semua uang kamu dalam sekejap.

4. Tidak ikut-ikutan orang lain
Penting untuk diingat, bahwa investasi bukanlah judi yang sekadar untung-untungan. Maka dari itu, jangan hanya terbuai ajakan orang lain dan ikut-ikutan. Setiap orang mempunyai toleransi risiko dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Ada investor yang menginvestasikan uangnya sebagai dana pensiun 10 tahun mendatang, beli rumah 5 tahun berikutnya dan ada juga membutuhkan 1 tahun.

5. Menganalisa sebaik mungkin
Tahap terakhir agar investasi yang kamu lakukan aman yaitu menganalisa secara mendalam. Pahami semua teori dasar dari instrumen investasi yang ingin kamu pilih. Dengan ilmu yang cukup, risiko mengalami kerugian tentu lebih kecil.

Bahkan bukan tidak mungkin kamu bisa langsung mendapatkan keuntungan, ketika mempraktekkan ilmu-ilmu yang sudah dipelajari. Perbanyak informasi kamu melalui e-book, artikel atau video YouTube.

Baiklah, mungkin cukup sekian dahulu sedikit uraian mengenai lima tips investasi yang aman untuk kalian para milenial. Semoga bisa menjadi panduan bagi para pemula yang baru belajar. (Baca juga: Waspada Tesla, Mercedes-Benz Siapkan Layar Sentuh Hiper )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)