Jangan Disepelekan, Berikut Gejala Ketika Anak Anda Ketagihan Gadget!

Selasa, 22 Desember 2020 - 03:14 WIB
loading...
Jangan Disepelekan, Berikut Gejala Ketika Anak Anda Ketagihan Gadget!
Kehadiran gadget sendiri tak bisa dihalau oleh orangtua. Bagaimana pun anak-anak zaman now harus melek digital.
A A A
JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak zaman now begitu "bersahabat" dengan gadget. Ponsel pintar sudah seperti teman bahkan dianggap 'baby sitter' oleh sebagian anak.
Nah, berikut ciri-ciri anak kecanduan gadget:

1. 'Apa-Apa Gadget'

Ketika si anak sudah begitu dekat dengan gadget, jadi apa-apa gadget, itu tanda atau gejala anak sudah kecanduan gadget. "Jadi, kalau bangun tidur yang dicari ponsel, sebelum bobo nyarinya ponsel, mau makan nyari ponsel. Kan ini sudah tidak benar, harusnya yang dicari si anak, ya, orangtuanya," ungkap Vera.

2. Ada gejala fisik
Ini ciri yang bisa dikenali orangtua selain yang dicari si anak gadget. Ya, beberapa penelitian menjelaskan bahwa ciri anak kecanduan gadget bisa dilihat dari gejala fisik.

"Gejala yang kerap dialami adalah mata si anak mudah merah dan berair. Lalu, si anak kerap mengeluh tangannya keram atau kaku, atau badan si anak mulai gemuk. Ini terjadi karena, si anak main ponsel pintarnya dan tanpa sadar kebiasaan ngemilnya meningkat," kata Vera.

3. Disiplin, Bukan Omelan
Nah, jika si anak sudah mengalami kondisi kecanduan gadget, maka tugas orangtua untuk mengatasinya. Jangan kemudian terus menerus menyalahkan dengan mengomeli si anak, tetapi diberi penjelasan dan mulai mendisiplinkan penggunaan gadget.

"Sebab, bagaimana pun, sekali lagi, gadget diperlukan si anak untuk belajar, mendapatkan hiburan, dan berkomunikasi. Tapi, menjadi catatan penting, orangtua harus mengontrolnya dan menjadikan teknologi bukan sebagai musuh, tetapi alat bantu yang bisa memaksimalkan kemampuan si anak, baik sistem motoriknya, emosional-sosialnya, pun potensi diri lain dari si anak," saran Vera.

BACA JUGA: Berikut Rahasia Dibalik Layar 144Hz Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)