Cara Melihat IP Address Lewat PC, Laptop dan Smartphone

Kamis, 17 Desember 2020 - 10:01 WIB
loading...
Cara Melihat IP Address Lewat PC, Laptop dan Smartphone
Ilustrasi IP Adrdress. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Di dunia nyata, kita memiliki alamat rumah untuk menunjukkan lokasi tempat tinggal. Di dunia maya, ada IP Address yang berfungsi sama, dalam jaringan internet. BACA JUGA-Vaksin Kebal COVID-19 Belum Terbukti, Bill Gates Minta Hindari Kerumunan

IP Address berisi deretan angka yang terdapat di setiap perangkat PC, laptop, atau gawai pintar lainnya. Angka pada setiap perangkat juga berbeda-beda. (Baca juga: FDA Siapkan Uji Vaksin Corona untuk Anak di Bawah 16 Tahun )

Selain berfungsi sebagai identitas sebuah perangkat, IP Address berfungsi sebagai alat pengiriman data ke perangkat. Ada lebih dari satu miliar IP Address yang ada di seluruh dunia, ditambah dengan IP Address yang ada di gawai pintar.

Ada dua versi IP Address yang digunakan yakni IPv4 dan IPv6. IPv4 adalah versi yang dipakai sejak internet mulai dimanfaatkan untuk kebutuhan komersil. Panjang angkanya sebanyak 32 bit dan terdiri dari empat kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik.

Sedangkan Sementara IPv6 merupakan versi IP Address yang memiliki panjang angka 128 bit dan terdiri dari delapan kumpulan angka dan huruf yang dipisahkan oleh titik dua.

Melansir dari Lifehacker, Selasa (15/12/2020), ada dua jenis IP Address dalam sebuah perangkat yakni IP Address internal dan eksternal. Berikut cara untuk mengecek masing-masing IP Address tersebut.

Eksternal

Terdapat beberapa laman situs yang menyediakan layanan pengecekan ini. Salah satu situs itu adalah whatsmyip.com. Caranya setelah situs dibuka, di sisi kanan bisa langsung dilihat alamat IPv6 dan IPv4 eksternal.

Ada tiga informasi yang dipaparkan, mulai dari ISP, Kota, Provinsi, hingga negara penyedia IP Address.

Internal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)