Perangi COVID-19, LG Keluarkan Robot Otonom dengan Cahaya UV

Kamis, 17 Desember 2020 - 08:15 WIB
loading...
Perangi COVID-19, LG Keluarkan Robot Otonom dengan Cahaya UV
Dirancang sebagai sebuah robot otonom, tugas utama robot LG ini melakukan disinfeksi memanfaatkan sinar ultraviolet (UV)-C. Foto/Ist
A A A
SEOUL - Total perangi COVID-19 , LG Electronics gabungkan kompetensinya dalam bidang robotika , kecerdasan buatan (AI) dan kendaraan otonom. Raksasa elektronik dunia itu menegaskan kesiapannya memperkenalkan robot terbaru pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2021 pada awal tahun nanti.

Dirancang sebagai sebuah robot otonom, tugas utama robot LG ini melakukan disinfeksi memanfaatkan sinar ultraviolet (UV)-C . “Robot UV otonom ini hadir pada saat kebersihan menjadi prioritas tertinggi, khususnya bagi tamu hotel, pelajar atau pelanggan restoran,” kata Roh Kyu-chan, Kepala Divisi Bisnis Robot LG Business Solutions Company.

Menurut dia, robot ini akan bertugas untuk mendisinfeksi pada area dengan tingkat sentuhan dan lalu lintas tinggi. Rancangan otonom membuat robot dapat bergerak dengan mudah di sekitar meja, kursi dan furnitur lainnya. Penyinaran dilakukan pada permukaan ruangan yang sering disentuh dalam 15 hingga 30 menit dengan kebutuhan pengisian baterai satu kali.
Perangi COVID-19, LG Keluarkan Robot Otonom dengan Cahaya UV

Dirancang agar mudah dioperasikan, robot LG ini dapat diintegrasikan ke dalam rutinitas pembersihan yang telah ditetapkan tanpa memerlukan pelatihan staf yang ekstensif atau spesialis untuk mengoperasikannya. Staf akan dapat memantau kemajuan melalui pembaruan jarak jauh dari perangkat smartphone atau tablet. Dalam beroperasi, paparan sinar UV kepada karyawan akan diminimalkan melalui kunci pengaman built-in yang diaktifkan sensor deteksi gerak manusia.

“Pada ekosistem yang bergerak dengan mengurangi tingkat sentuhan, kita mengharapkan tingkat kebersihan lebih tinggi. Melalui robot ini, LG berkomitmen memanfaatkan keahliannya yang beragam dalam robotika, kecerdasan buatan, dan pengendalian otonom untuk mengembangkan solusi kreatif guna mengatasi tantangan masa depan,” ujar Roh Kyu-chan lagi. (Baca juga: Prancis Tutupi Kejahatan UEA di Penjara Rahasia Yaman )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)