Penjelasan Logis Perbedaan Smartphone Kamera 100 MP dan 12 MP

Sabtu, 12 Desember 2020 - 03:35 WIB
loading...
A A A
Perbedaan Pengalaman
Baik resolusi tinggi maupun konfigurasi tinggi adalah dua cara berbeda untuk meningkatkan kualitas gambar. Meskipun layar inci persegi dari smartphone dapat dioptimalkan secara luas untuk mencapai efek yang sama melalui rute yang berbeda, pengalaman dalam proses pemotretan sama sekali berbeda.

Mengapa banyak ponsel Android andalan yang terkadang macet, terengah-engah, dan tidak bisa mengikuti ritme pengambilan gambar? Itu karena terlalu banyak 'bumbu'.

Kekuatan CMOS 12 MP lumayan. Tapi proses pembesarannya lebih lambat. Ada beberapa alasan untuk ini. Pertama, banyaknya piksel membuat foto menjadi terlalu besar. Jadi pemrosesan data di kamera membutuhkan upaya lebih.

Kedua, ada juga sejumlah besar kalkulasi AI yang dimuat sebelumnya, berbagai filter beauty stovepipe, dan rendering dalam kamera. Jadi, sintesis gambar mini sangat membutuhkan banyak sumber daya. Dalam pengertian ini, kamera 12MP 'leluhur' Apple dapat digambarkan sebagai 'dikemas dengan ringan'. Bahkan DxOMarK mengakui tingkat keberhasilan pengambilan gambar iPhone 12 lebih baik.

Ini menjelaskan mengapa Apple dapat menggunakan 1/8 piksel dan 1/2 dari memori untuk menciptakan pengalaman foto yang lebih mulus, tingkat keberhasilan pengambilan yang lebih baik, dan presentasi kualitas gambar yang tidak kalah atau bahkan lebih baik, dan gaya pencitraan yang lebih segar dan lebih banyak. Meski kekuatan kamera Apple iPhone 12 series belum mencapai puncak, secara keseluruhan kualitasnya masih berada di urutan pertama.

Keuntungan lain dari penggunaan CMOS 12 MP oleh Apple adalah meningkatkan kualitas perekaman video. Karena perekaman video membutuhkan pixel count yang rendah, bahkan video 4K sebenarnya hanya membutuhkan resolusi lebih dari 8 MP. Piksel yang wajar dan prosesor A14 yang kuat sudah cukup untuk membuat video HDR real-time pertama.

Tentu saja, ini bukan berarti sensor kamera resolusi tinggi tidak berguna. Pada banyak model high-end Huawei dan Samsung, performa kualitas gambar tertinggi sering kali dicapai melalui modul impact beresolusi tinggi dan berkualitas tinggi. Itulah mengapa dalam hal keputusan pemilihan, pertimbangan pertama tetap pada anggaran. Maksud kami, ketika Anda memiliki cukup uang, Anda dapat memilih apa pun yang Anda inginkan.

Kesimpulan
Nah, pada akhirnya, kami harus mengatakan bahwa Apple lebih cenderung menyelesaikan masalah transisi terang dan gelap serta detail fotografi itu sendiri. Sementara sebagian besar merek Android utama lebih cenderung menghasilkan foto yang menyenangkan. (Baca juga: Jiwa Malaikat Mike Tyson Beri Putri Tim Witherspoon Uang Rp38 Juta )
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)