Penjelasan Logis Perbedaan Smartphone Kamera 100 MP dan 12 MP

Sabtu, 12 Desember 2020 - 03:35 WIB
loading...
Penjelasan Logis Perbedaan Smartphone Kamera 100 MP dan 12 MP
Handphone berbasis OS Android memiliki kamera lebih dari 100 MP, sedangkan ponsel iOS lebih berkutat pada resolusi di bawah itu. Apple ternyata memiliki alasan untuk itu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pernahkah kita berpikir resolusi apa yang harus disediakan kamera smartphone untuk menciptakan kepuasan? Jawaban apa pun yang Anda berikan sekarang akan salah, karena mereka yang tertarik dengan fotografi dan kamera, tahu bahwa ini bukan masalah megapiksel.

Yang dimaksud di sini adalah sensor kamera yang sama yang bekerja secara berbeda pada berbagai smartphone . Jadi masih banyak faktor lain yang berdampak pada kualitas foto. (Baca juga: Bedah Total Fitur Kamera Smartphone Terbaik dari Huawei Seri P40 )

Saat ini, ada banyak smartphone 100 MP di pasaran. Beberapa dari mereka bahkan berharga sekitar USD250. Jadi untuk pelanggan rata-rata, tidak sulit untuk mendapatkan 'cameraphone' seperti itu.

Di sisi lain, Apple, yang menawarkan iPhone-nya lebih dari usd1000, masih menggunakan CMOS 12 MP. Intinya, apa perbedaan kamera 100 MP dan kamera 12 MP, dan bagaimana sebaiknya kita memilihnya?

Esensi dari Perbedaan adalah Pemasaran
Laman Giz China mengutarakan, kualitas kamera smartphone bergantung pada film CMOS, lensa, dan algoritme. Jumlah piksel tidak secara langsung berkaitan dengan ukuran film CMOS, tapi hanya bergantung pada kepadatan titik pencitraan pada film CMOS.

Terlepas dari efek difraksi, semakin banyak piksel, semakin kaya detailnya. Hanya hal tersebut masih dibatasi oleh kualitas lensanya. Hanya menekankan piksel lebih seperti tipu muslihat pemasaran.

Setuju bahwa kamera 100 MP dapat mengambil foto yang lebih buruk daripada kamera dengan resolusi lebih rendah. Tapi Anda juga harus setuju bahwa 'frase' kamera 100 MP terdengar menarik. Dan banyak pelanggan yang ketagihan.

Bagaimanapun, banyak pengguna mengenali piksel, yang merupakan model pemasaran yang sederhana, kasar, dan efektif. Sebaliknya, Apple tidak pernah peduli dengan data di tabel konfigurasi. Bagi Apple dan penggemar Apple, pengalaman adalah inti pemasarannya.

Harga
Inilah pertanyaan terbesar -bagaimana menjelaskan kepada pelanggan mengapa smartphone 100 MP dijual seharga USD250, sedangkan kamera 12 MP dijual lebih mahal?

Model kelas atas dari Apple dan Samsung hanya memiliki resolusi 12 MP. Mereka sering kali dilengkapi dengan modul lensa kelas atas. Karena kerapatan piksel relatif masuk akal, kualitas gambar secara keseluruhan lebih baik. Ini dapat menunjukkan efek pemotretan akhir yang lebih baik, seluruh prosesnya sederhana, alami, dan mulus, dan harganya tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)