Kominfo Tegaskan Kembali Pentingnya Kedaulatan Data di Indonesia

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:24 WIB
loading...
Kominfo Tegaskan Kembali Pentingnya Kedaulatan Data di Indonesia
Kominfo menganggap regulasi harus ditegakkan demi meningkatkan kedaulatan data. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunimasi dan Informatika ( Kominfo ) mengaku saat ini tengah mendukung percepatan transformasi digital melalui empat pilar komprehensif. Baca Juga: Kominfo
Johnny menjelaskan, terlepas dari pentingnya tiga pilar pertama, pilar regulasi menegaskan keharusan untuk menegakkan dan meningkatkan kedaulatan data, termasuk aliran data lintas batas yang didasarkan pada prinsip transparansi, keabsahan, keadilan, dan timbal balik.

Baca Juga: Indonesia 5G Roadmap
Di sisi lain, sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia dinilai juga membutuhkan penerapan jaringan 5G, yang akan menjadi tulang punggung transformasi digital di Indonesia.

Johnny menyatakan, jaringan 5G akan menjadi game changer atau pengubah permainan dengan dampak yang luas pada konektivitas di Indonesia. Bahkan menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

Menurutnya, saat ini digitalisasi dan konektivitas sudah memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kesetaraan peluang, akses dan inklusi, dan 5G akan mempercepatnya.

“Pemerintah Indonesia telah menginisiasi beberapa kebijakan dan tindakan afirmatif untuk mendorong percepatan pengenalan 5G di Indonesia,” tegasnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4260 seconds (0.1#10.140)