Hati-Hati! 11 Aplikasi Populer di Android ini Rentan Disusupi Hacker

Senin, 07 Desember 2020 - 14:17 WIB
loading...
Hati-Hati! 11 Aplikasi Populer di Android ini Rentan Disusupi Hacker
Ilustrasi Hacker. FOTO/ Ist
A A A
TEL AVIV - Perusahaan keamanan siber asal Israel, Check Point, menemukan bahwa beberapa aplikasi populer di Android, memiliki celah untuk disusupi peretas atau hacker, untuk mencuri data pribadi penggunanya. BACA JUGA - Perjuangan Rolex Kuasai Dunia Horology hingga Berlabel Jam Orang Sukses

Melansir dari Mirror, Senin (7/12/2020), kerentanan yang diketahui sebagai CVE-2020-8913, memungkinkan penjahat siber menyuntikkan kode berbahaya ke dalam aplikasi, dan memberikan akses ke data smartphone, termasuk password, pesan, dan foto. Baca Juga - Fakta Rolex Green Submariner di Lingkaran Dugaan Korupsi Edhy Prabowo

Aviran Hazum, Manajer Riset Seluler Check Point, memperkirakan ada ratusan juta pengguna Android telah terpengaruh oleh risiko keamanan serupa. Mrskipun Google telah berupaya memperbaikinya.

"Kerentanan CVE-2020-8913 sangat berbahaya. Jika aplikasi jahat mengeksploitasi kerentanan ini, hacker bisa eksekusi kode di dalam aplikasi, lalu memperoleh akses yang sama dengan aplikasi yang rentan," jelas Hazum.

Kerentanan tersebut dapat memungkinkan pelaku kejahatan siber untuk mencuri kode otentikasi dua faktor atau memasukkan kode ke dalam aplikasi perbankan untuk mengambil kredensial.

Pelaku juga dapat menyuntikkan kode ke aplikasi yang rentan untuk memata-matai korban atau menyuntikkan kode ke semua aplikasi pesan instan, untuk mengambil semua pesan.

Adapun 11 aplikasi populer di yang dianggap rentan tersebut adalah:

1. Viber

2. Booking

3. Cisco Teams
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)