Teknologi ERP SystemEver Dorong Bisnis di Masa Wabah COVID-19

Senin, 07 Desember 2020 - 13:31 WIB
loading...
Teknologi ERP SystemEver Dorong Bisnis di Masa Wabah COVID-19
Perusahaan teknologi ERP asal Korea Selatan Younglimwon SoftLab telah merancang software ERP berbasis Cloud bernama SystemEver. Software ini dianggap cocok untuk bisnis kecantikan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Industri kecantikan menjadi salah satu yang tergerus sepanjang masa COVID-19 . Pembatasan aktivitas di luar rumah, tutupnya klinik kecantikan dan pusat perbelanjaan menyebabkan daya beli konsumen menurun .

Hasil survei McKinsey pada awal Mei menunjukkan sebanyak 8% responden Indonesia membatalkan atau menunda pembelian make-up. Selain itu, 7% responden membatalkan atau menunda pembelian skin care hingga batas waktu yang belum ditentukan. (Baca juga: 2021 Masih Pakai Skema Lama: Gaji PNS Tetap, Mulai dari Rp1,5 -5,9 Juta )

Sejumlah tempat kecantikan ternama tak luput kena imbasnya. Sebut saja Ulta Beauty. Akibat pandemi, produk kecantikan asal negeri Paman Sam ini mengalami penurunan penjualan sebanyak 32,7%.

Mc Kinsey menilai saat ini waktu yang tepat bagi perusahaan untuk memperkuat lini bisnis secara digital (digital continues to rise). Misalnya dengan memperbaiki sektor manajemen, hijrah dari sistem manajemen konvensional ke sistem manajemen digital berteknologi ERP (Enterprise Resource Planning) menjadi solusi jangka panjang yang harus sedini mungkin dimulai.

Untuk menjawab kebutuhan pelaku bisnis kecantikan pada masa pandemi, perusahaan teknologi ERP asal Korea Selatan Younglimwon SoftLab telah merancang software ERP berbasis Cloud bernama SystemEver.

Dengan teknologi ERP, pelaku bisnis kecantikan akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis dalam sistem jarak jauh. Sekaligus terbantu dalam memantau aktivitas bisnis secara real time.

Jung Saem Mool Beauty (JSM), brand ternama asal Korea Selatan yang terkenal di kalangan penggemar K-Beauty ini menjadi salah satu industri kecantikan yang merasakan manfaat teknologi sistem manajemen berbasis ERP dari SystemEver.

Adanya sistem yang terintegrasi antara aliran modal perusahaan, inventaris, penjualan hingga pembelian menjadi alasan utama Jung Saem Mool memilih SystemEver menjadi partner untuk menguatkan ekosistem bisnis kecantikan di masa depan. Teknologi ERP mempermudah pelaku usaha mengekspor data berdasarkan kebutuhan, baik untuk keperluan manajemen ataupun pertimbangan bisnis. Keakuratan data juga menjadi pertimbangan lainnya.

Sejak menggunakan SystemEver, Jung Saem Mool Beauty mengaku berhasil menyulap pekerjaannya menjadi begitu mudah dan efisien, terutama dalam mengkalkulasi aktivitas transaksi bisnis secara akurat. Di samping itu, SystemEver juga membantu brand yang telah mendunia sejak 2019 ini dalam mengetahui biaya produk dan penjualan.

Serta mampu dalam menentukan seberapa banyak keuntungan yang akan diterima oleh perusahaan secara terperinci. Hasilnya, karyawan dapat bekerja lebih efektif dan perusahaan dalam menentukan keputusan lebih efisien.

“SystemEver memudahkan kami dalam mengamankan data analisis biaya. Berkat keunggulan tersebut, kami dapat membuat keputusan berdasarkan penilaian yang akurat untuk tumbuh menjadi perusahaan global di masa depan," kata Kwon Ki-deok, SMC (Service Management Center) Team Leader Jung Saem Mool Beauty.

Laju sistem manajemen harus berjalan secara konvergen, manajemen produksi, manajemen inventoy, stok, logistik dan pergudangan, hingga packaging dan distribusi, harus bisa terkontrol secara akurat dan efisien. Teknologi sistem manajemen berbasis ERP SystemEver semakin mempermudah pelaku usaha melakukan ekspansi dan menjalani aktivitas bisnis di level global.

Telah hadir di Indonesia sejak 2017. Selain bisnis kecantikan, SystemEver juga telah memberi manfaat pada sektor brick manufacture, alat dan produk kesehatan, bidang jasa manajemen dan keuangan di Tanah Air. (Baca juga: Tugu Logam Misterius Kembali Muncul, Kali ini di Belanda )
(iqb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1593 seconds (10.177#12.26)