Penuh Inovasi, Ini Perusahaan Peraih IGCGA-VI-2021

Jum'at, 05 Juni 2020 - 23:59 WIB
loading...
Penuh Inovasi, Ini Perusahaan Peraih IGCGA-VI-2021
gelaran penghargaan bergengsi GCG Zoominars & Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021). FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Economic Review mengawali tahun 2021 dengan mengkampanyekan pentingnya penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam perusahaan, yakni melalui gelaran penghargaan bergengsi GCG Zoominars & Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021) pada hari Jumat, 5 Februari 2021.

Indonesia GCG Award VI 2021 merupakan acara tahunan yang telah digelar untuk keenam kalinya. Penghargaan ini digelar oleh Economic Review bersama dengan Indonesia - Asia Institute, PPPI dan Ideku Group.

Mengangkat tema “Standardization of the implementation of sustainable GCG after the pandemic Covid-19”, penghargaan kali ini menuntut perusahaan untuk fleksibel dan mampu merespon dengan cepat perubahan pasar. Terutama ketika dunia menghadapi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Perusahaan dituntut untuk secara konsisten menerapkan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) agar dapat bertahan di tengah pasar yang terdisrupsi.

Pendiri sekaligus Direktur Utama Economic ReviewHj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM mengatakan Implementasi dan keberlanjutan GCG sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan berjalan secara efektif dan efisien sehingga kesehatannya terjamin. Suatu perusahaan dikatakan memiliki tata kelola yang baik jika mematuhi tiga prinsip berikut: akuntabilitas, keadilan, dan transparansi.

“Yang menerima penghagaan kali ini merupakan contoh perusahaan yang tahan (resilient) terhadap krisis. Hal ini dikarenakan oleh tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG) yang sudah baik. Kinerja bisnis bisa naik dan turun, akan tetapi apabila suatu perusahaan tata kelolanya sudah bagus, maka kinerjanya akan kembali lagi,” katanya.

GCG Zoominars & Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021) hadir sebagai apresiasi yang diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah mampu menerapkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dewan juri menilai kinerja tata kelola perusahaan berdasarkan data publik yang diperoleh dari website, Laporan Tahunan 2019 dan info publik.

“Penilaian ini kami lakukan kepada 1.000 perusahaan publik Tbk dan non Tbk, dimana penyaringan diawali dari kinerja keuangan, SDM, Pemasaran, IT dan operasional dan Tata Kelola Perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG) per Desember 2019. Apresiasi ini diikuti oleh Lembaga Pemerintah, Perusahaan Tbk, BUMN, BUMD, maupun Perusahaan Swasta.

Dan dikarenakan pandemic yang tengah berlangsung maka penyerahan penghargaan ini ditahu ini kami laksanakan secara virtual, tanpa mengurangi nilai dari penghargaan ini sendiri,” ujar Ketua Dewan Juri Indonesia GCG Award VI 2021, Dr. Dewi Hanggraeni,MBA,CA,CACP yang juga menjabar sebagai Ketua Umum Perhimpunan Penggiat Tatakelola, Risiko dan Kepatuhan Indonesia, Dosen FEB UI, Waketum PPI bidang Ekonomi.

Selanjutnya Dewi menegaskan, Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (GCG) bagi seluruh perusahaan di Indonesia patut untuk diberikan apresiasi sehingga diharapkan akan lebih memotivasi perusahaan-perusahaan di Indonesia agar lebih maju dan pada akhirnya mempunyai daya saing global. “Semoga untuk perusahaan Bapak atau Ibu yang mendapatkan ranking 1 2 3 tetap semangat untuk terus jauh lebh baik lagi, jangan merasa sudah cukup, tapi harus semakin baik lagi kedepannya untuk meningkatkan kinerja dan juga untuk meningkatkan daya saing perusahaan agar mampu meng-global,” tambah Dewi.

Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021) merupakan Apresiasi penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Perusahaan yang terbaik di bidang GCG di Indonesia (dari Lintas beberapa sektor Industri Perusahaan Nasional di Indonesia). Hadir dalam acara ini, diantaranya Prof.Dr.Ir.Marsudi Wahyu Kisworo,MSc Pakar GCG & Komisaris Independen PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk), Prof.Roy Sembel, MBA,PhD,CSA - Dewan Pakar GCG, Alan Yazid, BBus,MBA – Wakil Ketua Perhimpunan Penggiat Tatakelola, Risiko dan Kepatuhan Indonesia, Satia Indrarini- Ketua DPD PPI – DIY, serta para peringgi perusahaan di Indonesia dan jajarannya.

Adapun para pemenang Indonesia GCG Award VI 2021 (IGCGA-VI-2021) yakni berasal dari perusahaan Swasta, Tbk, BUMN, BUMD, BPD, BPR,dll. Diantaranya: PT Telkom Indonesia Tbk, PT Bank Bukopin Tbk, PT Bank Negara Indonesia, BPD SulSelBar, PT AKR Corporindo Tbk, Bank Victoria, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya Beton Tbk, Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk, Jasa Raharja, PT Bank Pembangunan Daerah Bali, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Bank bjb Tbk, PT Asuransi BRI Life, PT Bank Jabar Banten Syariah, PT Asuransi Jasindo, PT Bank NTB Syariah, PT Maybank Indonesia Finance, PT Bank Central Asia Tbk, PT Mandiri Tunas Finance, PT Bank BPD NTT. Melalui Penghargaan ini, diharapkan Perusahaan terpacu meningkatkan prestasi dan peran pentingnya dalam implementasi praktek GCG di Perusahaan Indonesia.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)