Handphone Android Hilang? Jangan Panik, Ini Cara Menemukannya

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:33 WIB
loading...
Handphone Android Hilang? Jangan Panik, Ini Cara Menemukannya
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak handphone yang hilang, khususnya di perangkat Android. Jadi, Anda jangan terlalu panik berlebihan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kehilangan handphone bukanlah perkara yang mengenakan. Terlebih, ponsel sudah seperti bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Sebab, berbagi aktivitas sudah bisa dilakukan hanya dalam satu genggaman. (Baca juga: Catat, Ini Smartphone yang akan Hadir di Akhir 2020 dan Awal 2021 )

Banyak faktor yang membuat hilangnya handphone . Bisa karena tercuri atau tertinggal di suatu tempat. Pastinya, membuat si pemilik kelimpungan mencari.

Tetapi jangan terlalu panik berlebihan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak handphone yang hilang, khususnya di perangkat Android . Berikut ini cara tersebut, dilansir dari Cnet, Sabtu (5/12/2020).

Fitur Temukan Perangkat saya
Cara pertama adalah menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya. Dengan fitur ini, pengguna smartphone bisa melacak keberadaan perangkat miliknya, menguncinya, dan menghapus data-data yang tersimpan dari jauh.

Fitur Temukan Perangkat Saya bisa diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan, lalu ke Keamanan & Lokasi, dan pilih Temukan Perangkat Saya. Tetapi jika perangkat yang hilang tidak memiliki opsi Keamanan & Lokasi, bisa dengan membuka Google, masuk ke opsi Keamanan, lalu pilih Temukan Perangkat Saya. Jangan lupa untuk memastikan fitur Temukan Perangkat Saya dalam keadaan aktif.

Find My Mobile
Khusus perangkat Samsung, selain menggunakan layanan dari Google, bisa juga menggunakan fitur Find My Mobile yang tersedia di perangkat asal Korea Selatan itu. Fitur ini bisa menjadi opsi cadangan yang dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang

Melalui layanan di Samsung ini, pengguna bisa melakukan hal-hal seperti memaksa cadangan jarak jauh. Atau melihat apakah seseorang telah menukar kartu SIM yang digunakan pada perangkat. Hal ini tentu sangat berguna bila ponsel tersebut hilang karena dicuri.

Cara menggunakannya cukup mudah, masuk Pengaturan, lalu buka Biometrik dan keamanan. Lalu pastikan Find My Mobile diaktifkan. Jika masuk ke akun Samsung selama penyiapan perangkat awal, Find My Mobile seharusnya sudah diaktifkan otomatis. (Baca juga: Beli Emas Online Bikin Investasi Lebih Bergairah )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)