Sulap Mobil Bensin Jadi Mobil Listrik

Sabtu, 28 November 2020 - 09:15 WIB
loading...
Sulap Mobil Bensin Jadi Mobil Listrik
Perusahaan Inggris telah meluncurkan kit DIY untuk mengubah Mini klasik menjadi kendaraan bertenaga baterai. Foto/Dailymail.co.uk
A A A
JAKARTA - Perusahaan Inggris telah meluncurkan kit DIY untuk mengubah Mini klasik menjadi kendaraan bertenaga baterai --setelah pengumuman pemerintah Inggris terhadap mobil bensin dan diesel. Perubahan mesin lama ke mesin listrik akan dikenakan biaya sekitar 27.000 poundsterling.

Sulap Mobil Bensin Jadi Mobil Listrik


Perubahan mobil berbahan bakar bensin menjadi mobil listrik merupakan salah satu tujuan perusahaan mobil di seluruh dunia. Ini karena kendaraan berbahan bakar fosil menyumbang tingkat pemanasan global dan kurang ramah lingkungan. (Baca: Antara Cacian dan Doa yang Dikabulkan)

Namun, perubahan tersebut masih belum sepenuhnya diterima sebagian besar masyarakat dunia. Masih banyak masyarakat yang khawatir saat menggunakan mobil listrik dalam perjalanan jarak jauh karena susah mendapatkan stasiun pengisi daya, khususnya di Indonesia.

Selain itu, masih banyak pencinta mobil klasik yang tidak ingin kehilangan koleksinya. Ini menjadi salah satu penyebab kenapa seseorang tidak ingin berpindah ke mobil listrik . Melihat alasan di atas, perusahaan Inggris, Swindon Powertrain, mengembangkan teknologi perubahan dari mobil berbahan bensin menjadi mobil listrik.

Teknologi ini baru dikembangkan pada mobil Classic Minis menjadi kendaraan serbalistrik berkat kit konversi. Perubahan Classic Minis merupakan bagian dari perubahan mesin mobil ikonik tersebut. Perusahaan Swindon Powertrain yang berbasis di Wiltshire mengatakan bahwa kit seharga 9.000 poundsterling itu mencakup motor listrik dan kotak roda gigi dapat dipasang oleh sebagian besar mekanik amatir. (Baca juga: Seleksi Guru PPPK, Guru Wajib terdata di Dapodik)

Classic Minis juga membutuhkan baterai dan konventer AC-DC sebagai pengisi daya. Setiap konverter dijual terpisah dengan harga sekitar 16.000 poundsterling dan 1.950 poundsterling. Swindon Powertrain baru merancang sistem konversi secara khusus dengan ruang mesin Mini. Rancangan ini bukan sepenuhnya hanya dapat digunakan pada Mini tapi masih dalam proses pengembangan agar dapat digunakan pada mobil klasik lainnya.

Perkembangan itu terjadi hanya seminggu setelah pemerintah Inggris mengumumkan bahwa penjualan kendaraan diesel dan bensin baru akan dilarang mulai tahun 2030 dan seterusnya. Ini menjadi dasar bagi para ahli mesin untuk mengubah kendaraan lama agar tetap dapat digunakan di jalan.

Para ahli percaya bahwa semua mobil bekas dan kendaraan klasik akan berakhir di jalan raya dalam waktu yang tidak terlalu lama, secara metaforis. Namun, masih ada harapan bagi pencinta mobil klasik dengan bantuan teknologi yang mampu mengikuti perkembangan zaman. (Baca juga: Fungsi Minyak Zaitun untuk Kesehatan)

Kit konversi diharapkan dapat membantu semua pemilik Mini klasik untuk terus mengendarai mobil kesayangannya. Mereka akan datang dengan cara baru yang ramah lingkungan pada masa mendatang. Kit konversi bekerja melalui penggantian mesin Mini standar dengan motor bertenaga listrik dan gearbox. Motor dipasang pada subframe yang berada di sasis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3159 seconds (0.1#10.140)