Instagram Hadirkan Fitur Berbasis Pencarian dengan Keyword

Kamis, 19 November 2020 - 17:34 WIB
loading...
Instagram Hadirkan Fitur Berbasis Pencarian dengan Keyword
Instagram melakukan pembaruan fitur yang membuat pengguna kini bisa melakukan pencarian berbasis keyword. Foto/Ist
A A A
MENLO PARK - Kemampuan penelusuran Instagram kian ditingkatkan. Perusahaan baru saja mengumumkan kehadiran fitur baru untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian .

Lewat pembaruan fitur ini, pengguna kini bisa melakukan pencarian berbasis keyword. Fitur ini baru hadir dienam negara yang menggunakan bahasa inggris, seperti Inggris, Amerika Serikat, Irlandia, dan Kanada. (Baca juga: Instagram Rombak Tampilan Aplikasi, Tombol Reels dan Shop Muncul di Laman Depan )

Fitur seperti ini memang dapat membantu mempermudah pencarian konten di Instagram. Sebab, sebelumnya pengguna hanya dapat melakukan pencarian berdasarkan tagar atau akun.

Jadi, misalnya, jika sebelumnya pengguna ingin mencari "resep sehat", penguna hanya bisa menelusuri postingan dengan tagar #healthyrecipes atau akun dengan variasi "resep sehat" pada nama atau bio mereka.

Sekarang dengan fitur ini, Instagram akan membiarkan orang mencari kata kunci itu sendiri, yang berarti posting yang menampilkan resep sehat akan muncul. Bahkan jika tidak ada tagar spesifik sekalipun.

Dikutip dari The Verge, Kamis (19/11/2020), Juru Bicara Instagram, mengatakan, fitur ini memanfaatkan sejumlah faktor, seperti tipe konten, caption, dan waktu unggahan, sebelum akhirnya menampilkan hasil pencarian. (Baca juga: Samsung Galaxy, Handphone Canggih Harga Hanya 3 Jutaan! )

Instagram juga menggunakan machine learning untuk mencari konten berkualitas tinggi yang relevan dengan pencarian pengguna. Kendati demikian, fitur pencarian ini memang masih terbatas pada topik umum dan menggunakan keyword yang sesuai dengan aturan komunitas di platform-nya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)