Mengenal Plus dan Minus dari Layanan Aplikasi Telegram

Kamis, 19 November 2020 - 04:21 WIB
loading...
Mengenal Plus dan Minus dari Layanan Aplikasi Telegram
Telegram juga tersedia pada layanan sistem komputer seperti windows dan Linux. Dirilis perdana pada bulan Agustus 2013, secara resmi aplikasi nongkrong di Android, iOS, dan Web pada Oktober 2016. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Telegram menjadi salah satu platform berbagi pesan instan yang mendunia. Apliksi dapat dijalankan di perangkat seluler berbasis IOS, Android, Windows Phone, dan Ubuntu Touch.

Selain itu, Telegram juga tersedia pada layanan sistem komputer seperti Windows dan Linux. Dirilis perdana pada bulan Agustus 2013, secara resmi aplikasi nongkrong di Android, iOS, dan Web pada Oktober 2016. Aplikasi ini sendiri dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP bersama Pavel Durov, seorang wirausahawan Rusia.

Fitur Telegram :
1. Thumbnail Mini
Berbicara telegram, dikutip dari laman kingsmpls.com , tidak akan lepas dari pembahasan fitur-fitur pada versi terbarunya.

Salah satunya tampilan thumbnail mini. Banyak dari pengguna pastinya pernah berada pada posisi menebak-nebak gambar ataupun meme apa yang dikirim dalam pemberitahuan pesan masuk, tapi malas untuk membuka chat. Ini memancing pengembang mulai berinovasi.

Saat ini setiap pesan berupa gambar ataupun meme yang masuk pada obrolan akun telegram Anda akan ditampilkan dalam sebuah cuplikan pada tampilan pesan belum dibaca. Selain itu thumbnail mini ini juga dapat dilihat pada pemberitahuan dan pesan dalam sebuah pencarian. Caranya dengan menekan dan tahan pada foto profil pengirim dan akan muncul cuplikannya tanpa harus membukanya.

2. Video Profile
Foto profil statis dan membosankan? Itu dulu, saat ini telegram telah mengembangkan sebuah fitur terbarunya yakni video profil. Di sini pengguna dapat memilih video profil untuk tampilan akunnya.

Selain itu, editor medianya juga memberikan pelayanan bantuan dengan meningkatkan kualitas video terkait. Dengan begitu Anda bisa mempercantik profil dengan stiker animasi yang menarik.

Cara mengaktifkannya dengan memilih pengaturan akun. Kemudian pilih dan kunci pada sebuah bingkai yang dianggap tepat. Setelah itu tetapkan sebagai tampilan foto profil pada akun Anda. Saatnya mengekspresikan diri dengan berbagi cerita melalui video profil Anda. Kemudian jika ingin kembali pada tampilan lama, bisa dengan satu kali klik dengan menekan pilihan “Tetapkan Utama”.

3. File Sharing
Tentang telegram dan fitur file sharing, tentunya sudah tidak asing lagi terutama bagi pengguna lama yang setia hingga saat ini. Kabar baiknya, ada penambahan limit ukuran data yang dibagikan.

Kapasitas penyediaanya sangat tinggi dibandingkan sebelumnya. Besarannya pada awal rilis 1,5 GB, kemudian ditambah menjadi 2 GB pada versi terbarunya.

Penggunaanya cukup mudah seperti kebanyakan fitur lainnya. Caranya Anda arahkan pada dokumen yang ingin kamu bagikan. Kemudian tekan “Bagikan” kepada kontak yang dituju. Fitur ini menjadikan telegram lebih unggul dibandingkan aplikasi sejenis.

4. Poll 2.0
Kabar tentang telegram yang meluncurkan fitur tambahan baru berupa Poll 2.0 tentunya sudah sampai pada telinga para sebagai pengguna setia. Pada versi terbarunya pihak pengembang resmi merilis tambahan fitur ini untuk menjawab keinginan pengguna yang aktif dalam diskusi pada fitur ruang obrolan grup.

Layanan ini berupa pengadaan fitur poling berupa visible votes, quiz mode, dan juga multiple answer pada ruang obrolan grup. Dengan harapan bisa memberikan dukungan untuk pengguna agar dapat mengekspresikan pendapatnya dalam bentuk pilihan opsi yang singkat dan padat.

5. Emoji Animasi
Berdasarkan pembicaraan tentang telegram pada versi yang terbaru, tentunya tidak asing dengan tambahan fitur baru emoji yang berbentuk animasi. Biasanya tampilannya bersifat statis dan kurang menarik karena cukup monoton. Namun, sejak pembaruan yang dilakukan pada fiturnya, kini tampilannya menjadi lebih dinamis dan menarik untuk dilihat.

Penggunaannya sangat mudah dengan cara mengirim emoji pada obrolan akun Anda. Kemudian akan muncul beberapa pilihan yang bergerak pada tampilannya. Kirim satu ke teman Anda, kemudian Anda akan bisa melihat efek animasinya.

6. Statistik Group
Statistik grup salah satu fitur pembaruan yang dirilis secara resmi terkait berita tentang telegram pada versi terbarunya. Di sini pemilik grup dapat melihat perkembangan aktivitas di dalamnya dalam bentuk tampilan bagan ataupun diagram presentase.

Jumlah minimal pelanggan pada group untuk mendapatkan fitur ini yaitu sekitar 500-an. Dengan kelebihan ini Anda dapat juga melihat anggota teratas pada rata-rata jumlah pesan serta karakter yang dikirimkan.

Telegram berencana melakukan pengembangan lebih lanjut terkait ini, yakni pemberian akses kepada admin pada semua grup dengan jumlah anggota 100 atau lebih.

7. Grup
Berita tentang telegram dan fitur grupnya tentunya sudah tidak asing bagi para pengguna setia. Ditujukan untuk mempermudah komunikasi dengan komunitas ataupun kelas.

Selain itu juga dimudahkan dengan pengiriman file, link web, dan sebagainya kepada banyak orang dengan hanya satu kali kirim. Caranya sederhana, dengan menekan buat grup, kemudian mengundang teman lain untuk bergabung.

Percakapan bisa dimulai dengan kapasitas anggota yang tidak terbatas, seperti aplikasi sejenisnya yang membatasi jumlah akun dalam satu keanggotaan grup. Sehingga lebih efektif dan efisien karena tidak perlu membuat kloningan pada obrolan lain.

Cara Menggunakan Telegram
1. Install Aplikasi
Bagi Anda yang belum mengetahui detail tentang telegram sebagai aplikasi pengiriman pesan instan dan ingin menggunakannya, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduhnya.

Buka Google Play jika Anda pengguna Android, kemudian klik unduh. Setelah itu tunggu hingga aplikasi terpasang.

Setelah terpasang, buka aplikasi dan tekan ikon start Messaging pada tampilan awalnya. Langkah selanjutnya memasukkan nomor ponsel yang bisa dihubungi pada tampilan kolom yang tersedia.

Kemudian klik ikon ceklis (v) pada sudut kanan atas. Setelahnya akan muncul pop-up perizinan pengaksesan data oleh pihak telegram pada ponsel Anda, klik izinkan.

Pada saat nomor ponsel dimasukan dan diproses, akan muncul tampilan input kode verifikasi. Biasanya akan terkoneksi atau terisi secara otomatis setelah kode OTP terkirim ke nomor Anda. Namun jika tidak, masukkan secara manual sesuai kode angka yang masuk di pesan.

Jika terjadi kendala, biasanya akan ada opsi “did’nt get the code” kemudian klik. Mungkin nomor salah.

Setelah proses verifikasi selesai, telegram akan meminta perizinan untuk mengakses kontak yang ada di perangkat ponsel. Proses ini memudahkan untuk terhubung secara langsung dengan pengguna yang sudah ada dalam Kontak di ponsel. Telegram sudah aktif dan bisa dioperasikan.

2. Melakukan Percakapan (Obrolan)
Setelah aplikasi aktif dan dapat dioperasikan, Anda bisa memulai obrolan dengan kontak yang ada. Caranya klik tombol yang berbentuk seperti pensil yang terletak di sudut kanan atas. Kemudian pilih kotak yang dituju pada daftar pengguna di ponsel Anda.

Cara lain dengan ikon pencarian, kemudian pilih kontak yang dituju. Langkah selanjutnya sama seperti yang di awal. Mulai percakapan dengan menuliskan pesan atau membagikan foto dan juga video. Klik tombol kirim pada pojok kanan bawah.

Terdapat beberapa opsi yang dapat digunakan dalam ruang obrolan, di antarnya panggilan suara, memetikan notifikasi, penghapusan pesan, dan juga pencarian kata kunci pada pesan. Pilihan ini biasanya disimbolkan dengan bentuk titik tiga di pojok kanan atas.

Anda juga bisa berkirim pesan suara dengan mengklik tombol mikrofon pada pojok kanan bawah. Untuk pelampiran dokumen dan foto bisa dilakukan dengan mengklik tombol dengan simbol klip di sebelahnya. Obrolan juga akan lebih menarik jika ditambahkan dengan emoji yang lucu dan juga bisa bergerak.

3. Penambahan Kontak dan Penghapusan Obrolan
Langkah selanjutnya menambahkan teman pada kontak akun. Pertama, buka telegram dan masuklah ke tampilan awalnya. Kemudian cari ikon yang berbentuk pensil pada kanan bawah, lalu klik pada bagian itu. Setelahnya pilih simbol “+” pada pojok kanan atas.

Pilih tambah kontak, lalu masukkan nomor yang dituju dan beri keterangan nama yang diinginkan, lalu klik (v).

Lakukan seperti contoh sebanyak yang diperlukan. Ketentuan ini hampir sama seperti pembuatan grup. Hanya sebelum membuatnya Anda memerlukan daftar kontak yang dijadikan anggota.

Untuk penghapusan obrolan bisa dilakukan dengan cara masuk pada halaman pertama, kemudian pilih obrolan yang dimaksud. Tahan pada lokasi obrolan, kemudian muncul pilihan penghapusan. Selanjutnya hadir pop-up persetujuan penghapusan, klik ok.

Semua langkah bisa dilakukan dengan ketentuan serupa. Anda bisa juga memanfaatkan fitur-fitur pendukung terkait layanan tersebut. Penambahan kontak ataupun penghapusan obrolan bisa dilakukan dengan cara tersebut.

Kelebihan Aplikasi Telegram:
1. Dua Nomor Satu Akun
Biasanya Pengguna hanya bisa menggunakan satu nomor dalam satu Akun. Namun di telegram berlaku sebaliknya.

Anda diberikan opsi untuk menggunakan dua nomor dalam satu akun. Sehingga tidak perlu melakukan perubahan saat nomor yang digunakan tidak aktif lagi.

2. Kapasitas Ringan
Jumlah kapasitasnya ringan sehingga tidak banyak menyumbang penggunaan ruang kosong pada ponsel atau perangkat. Selain itu ukurannya juga lebih kecil dibandingkan aplikasi sejenis.

Dengan demikian, Anda tidak perlu menghapus aplikasi lain saat ingin menggunakannya. Ini sangat membantu bagi pengguna yang memiliki perangkat dengan kapasitas RAM kecil.

Minus Aplikasi Telegram:
1. Tidak ada Fitur Story
Apliksi telegram dan aplikasi sejenisnya tentunya juga tidak luput dari kekurangan sehingga mendorong pengembang untuk melakukan perbaikan. Salah satunya tidak adanya fitur story. Tidak seperti kebanyakan pesaingnya, yang unggul dalam fitur tersebut.

Keadaan ini mungkin akan tidak nyaman bagi pengguna yang gemar membagikan kegiatannya dalam story. Namun, sampai saat ini telegram belum tertarik untuk menambahkan fitur tersebut bahkan dalam versi terbarunya.

2. Tidak Ada Fitur Video Call
Dari berbagai macam fitur unggulan yang dimiliki, terdapat pula kelemahan lainnya yakni tidak adanya layanan video call. Bagi Anda pengguna baru Telegram pastinya akan kesulitan menemukan fitur tersebut dalam ruang obrolan. Karena memang tidak tersedia dari pertama rilis hingga saat ini.

Pihak pengembang juga belum berkeinginan melakukan penambahan. Sehingga hal ini akan mengurangi kualitas layanannya di tengah pengguna yang semakin banyak.

Itulah telegram dan segala macam bentuk layanannya. Bagi Anda yang berniat menggunakannya bisa mengikuti langkah di atas. Selain itu juga bisa memaksimalkannya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)