Solusi SD-WAN Sanggup Hubungkan 5.000 Lokasi di Indonesia

Rabu, 04 November 2020 - 00:44 WIB
loading...
Solusi SD-WAN Sanggup Hubungkan 5.000 Lokasi di Indonesia
SD-WAN berbasis cloud Telkomtelstra memberikan solusi jaringan terbaik untuk menjawab tantangan tersebut. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Telkomtelstra mengumumkan keberhasilan menerapkan solusi SD-WAN (Software Defined Wide Area Network) ke 5.000 lokasi jaringan kantor cabang di seluruh Indonesia untuk salah satu pelanggannya di bidang ritel. (Baca juga: Teknologi Cloud AWS Perkuat Startup Berinovasi )

Kesuksesan ini menjadi salah satu tolok ukur baru dalam inovasi jaringan di Indonesia. Seiring meningkatnya kebutuhan perusahaan untuk memiliki jaringan yang kuat, dapat diandalkan, dan aman untuk operasional kantor cabang yang tersebar secara geografis, SD-WAN berbasis cloud Telkomtelstra terbukti memberikan solusi jaringan terbaik untuk menjawab tantangan tersebut.

Chief Customer Officer Telkomtelstra, Agus F Abdillah, mengatakan, dengan 12.000 pulau berpenghuni dan lebih dari 17.000 pulau secara keseluruhan, banyak perusahaan di Indonesia perlu beroperasi atau berkembang dengan kantor cabang yang tersebar di berbagai lokasi. Termasuk daerah terpencil yang menghadirkan tantangan unik dari sisi sumber daya dan jaringan.

Namun, papar Agus, jaringan (Wide Area Network – WAN) tradisional melalui MPLS yang seringkali digunakan perusahaan tidak mampu mengakomodasi perkembangan tantangan terkini untuk memenuhi tuntutan konektivitas perusahaan. Kemampuan WAN tradisional tidak memadai dalam mengakomodasi skalabilitas penggunaan cloud untuk produktivitas bisnis yang tinggi, ditambah lagi MPLS sering dinilai sebagai teknologi yang mahal.

“Kami memahami tantangan bisnis dalam menghadirkan jaringan dengan konektivitas terdepan, terutama untuk berbagai kantor cabang yang terletak di wilayah geografis Indonesia yang luas dengan banyak lokasi terpencil," ucapnya.

Sebagai leader untuk penyedia solusi jaringan di Indonesia, klaim Agus, Telkomtelstra bangga dengan pencapaian pengimplementasian solusi jaringan SD-WAN ke lebih dari 5.000 lokasi di Indonesia. Keberhasilan ini tentunya dapat mendukung kebutuhan bisnis saat ini yang mengedepankan produktivitas dan efisiensi, terlepas dari tantangan lokasi geografis.

Beroperasi sebagai perusahaan patungan antara Telkom Indonesia dan Telstra Australia, Telkomtelstra end to end managed SD-WAN Solution telah mendukung bisnis dari berbagai industri dalam mengoptimalkan kinerja beban kerja melalui jaringan cloud-enabled. Tujuannya, meningkatkan alokasi bandwidth serta kinerja aplikasi di berbagai kantor cabang.

“Untuk perusahaan dengan kantor cabang yang tersebar di berbagai area dan ingin mengoptimalkan jaringannya melalui cloud, solusi kami akan memanfaatkan kapabilitas utama SD-WAN seperti automation dan Dynamic Multi-Path Optimization," katanya.

Dengan teknologi tersebut, ujar dia, perusahaan dapat mendistribusikan aturan, membuat perubahan kebijakan, dan mengimplementasikan konfigurasi baru di seluruh jaringan kantor cabang pada skala apa pun dalam hitungan detik dari mana saja.

Agus juga menyoroti fitur kunci SD-WAN lainnya, yakni instalasi zero touch dan auto failover. Ini yang dapat meminimalkan ketergantungan pada penggunaan banyak perangkat keras dan mengurangi kebutuhan pengiriman teknisi ke lokasi kantor cabang untuk setiap kebutuhan pada jaringan. Hal ini tentunya menguntungkan bisnis dari sisi efisiensi dan pengelolaan biaya yang lebih baik dibandingkan dengan jaringan tradisonal melalui MPLS.

Tidak hanya kinerja dan produktivitas tinggi, SD-WAN Telkomtelstra juga menawarkan opsi keamanan yang komprehensif untuk perusahaan yang menggunakan cloud dan SaaS (software as a service). Dengan meningkatnya ancaman yang mengekspose kantor cabang terhadap risiko serangan siber tingkat lanjut, terutama dari konektivitas berbasis cloud, fitur keamanan akan memperkuat solusi SD-WAN untuk operasi kantor cabang secara aman tanpa gangguan apa pun.

“Kantor cabang dalam perusahaan di seluruh Indonesia sekarang akan memiliki akses ke konektivitas yang andal dan berkinerja tinggi dengan keamaanan terdepan untuk operasional bisnis yang optimal,” pungkas Agus.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)