Heboh Belanja Mistery Box di Marketplace, Hasilnya Random, Terkadang Juga Zonk

Senin, 02 November 2020 - 09:36 WIB
loading...
A A A
Tentu saja, ada aturan seperti ini: “tidak boleh komplain dan tidak boleh di tukar/di kembalikan. Membeli berarti setuju,” katanya.

Respiro sendiri merupakan brand asli Indonesia asal Cimahi yang produknya mencakup fashion anak motor seperti jaket touring, sarung tangan, polo, kaos, topi serta fashion bikers lainnya.

Tapi, di marketplace seperti Shopee, ada juga penjual yang mematok Mistery Box dengan harga sangat terjangkau. Yakni Rp15 ribu.

”Paket mystery box berisi barang barang berbeda, tidak bisa ditebak. Cocok untuk kejutan seru-seruan ataupun unboxing. Tidak bisa memilih isi (karena itu dinamakan paket mysteri). Bisa berupa mainan, baju, komik, alat make up, alat tulis dan lain lain. Tentu tidak akan rugi harga bersahabat, cocok untuk unboxing YouTuber,” tulis penjual Wafira, asal Surabaya.

Dijadikan Ajang Penipuan
Sayangnya, sejumlah penjual memanfaatkan tren Mystery Box ini untuk melakukan penipuan. Modusnya, penjual menawarkan iming-iming perangkat mahal seperti iPhone, dengan harga yang murah. Misalnya Rp99.000 hingga Rp1 jutaan.

Tapi, cara ini mirip dengan judi, siapa yang mendapatkan iPhone, sepenuhnya berada di tangan penjual. Kalaupun barang yang datang adalah zonk, pembeli tidak bisa mengajukan komplain.

”Semakin sering Anda membeli, semakin besar kesempatan untuk menang,” iming-iming di salah satu toko yang menjual Mystery Box.

”Cara paling aman untuk menipu adalah jual mystery box. Mau komplain pun tidak bisa. Sebab, dari awal sudah ditentukan barang random/acak. Cara ini efektif untuk toko-toko yang mau jualin barang-barang yang kurang laku supaya uang mereka bisa berputar,” ujar pengguna Vash Lee.

Belum Ada Langkah
Heboh Belanja Mistery Box di Marketplace, Hasilnya Random, Terkadang Juga Zonk

Fenomena Mystery Box ada di hampir semua marketplace. Mulai Bukalapak, Shopee, hingga Tokopedia.

PR Lead Tokopedia, Ekhel Liu, menyebut bahwa karena marketplace bersifat user generated content (UGC), maka setiap pihak dapat melakukan pengunggahan produk di Tokopedia secara mandiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)