Huawei Bakal Jual Honor ke Xiaomi?

Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:04 WIB
loading...
Huawei Bakal Jual Honor ke Xiaomi?
Ilustrasi logo Huawei. FOTO/ IST
A A A
BEIJING -
Huawei dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan Digital China Group dan calon pembeli lainnya, termasuk Xiaomi, untuk menjual bagian dari unit smartphone Honor-nya. Kesepakatan tersebut pasalnya bernilai USD 3,7 Miliar.

Menurut sumber yang dikutip dari Reuters, Kamis (15/10/2020), aset Honor yang akan dijual belum diputuskan. ( )

Kemungkinan akan termasuk merek Honor, kapabilitas riset dan pengembangan serta manajemen rantai suplai. Kemungkinan pembelian akan dilakukan seluruhnya secara tunai.
( )

Penjualan Honor ini, kabarnya menjadi strategi baru Huawei dalam mengatur ulang prioritasnya akibat sanksi dari Amerika Serikat.

Perusahaan teknoogi asal China ini akan fokus pada ponsel Huawei kelas atas saja, dari pada merek Honor yang ditujukan untuk anak muda dengan banderol harga murah.

Huawei yang saat ini produsen smartphone terbesar kedua di dunia tak memberi pernyataan ketika dikonfirmasi, begitu pula dengan Xiaomi.

Merek Honor sendiri didirikan oleh Huawei pada 2013, namun sebagian besar bisnisnya beroperasi secara independen dari induknya.

Penjualan smartphone Honor mencakup 26% dari total penjualan Huawei di kuartal II 2020 ini, menurut biro riset Canalys. Akan tetapi karena harganya murah, margin keuntungan pun tipis dari bisnis Honor.

Kuo Ming-chi, seorang analis di TF International Securities, mengatakan bahwa penjualan bisnis smartphone Honor oleh Huawei akan menjadi situasi win-win untuk merek Honor, pemasoknya, dan industri elektronik China.

“Jika Honor lepas dari Huawei, pembelian komponennya tidak lagi tunduk pada larangan AS terhadap Huawei. Ini akan membantu bisnis smartphone Honor dan pemasoknya," tulis Kuo.

Jika berhasil dalam penawarannya, Digital China, yang juga bermitra dengan Huawei dalam komputasi awan dan bisnis lainnya, berencana untuk membiayai sebagian besar kesepakatan dengan pinjaman bank dan diatur untuk mengamankan pembiayaan dalam beberapa minggu mendatang.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8070 seconds (0.1#10.140)