Mengejutkan, Ternyata Kecepatan Unduh 5G Arab Saudi Tertinggi di Dunia

Jum'at, 04 September 2020 - 20:38 WIB
loading...
Mengejutkan, Ternyata Kecepatan Unduh 5G Arab Saudi Tertinggi di Dunia
Arab Saudi memiliki kecepatan unduh tertinggi di dunia dibandingkan negara yang selama ini dikenal menguasai industri seluler. Foto/Ist
A A A
RIYADH - Sejak awal tahun lalu, kita telah melihat lebih banyak komersialisasi jaringan 5G di banyak negara . Salah satu keunggulan utama jaringan 5G dibandingkan 4G adalah kecepatan jaringan. (Baca juga: Peneliti Indonesia Tak Khawatirkan Mutasi Virus Corona D614G )

Seiring berlanjutnya komersialisasi 5G, berbagai negara memiliki kecepatan jaringan 5G yang berbeda. Faktanya, operator berbeda di negara yang sama memiliki kecepatan 5G yang JUGA berbeda.

Terkait hal tersebut, tulisan ini akan membahas sembilan negara teratas dengan kecepatan unduh 5G rata-rata tertinggi di dunia. OpenSignal telah menganalisis pengalaman pengguna 5G secara nyata di selurih operator seluler pada sejumlah negara secara global.

Analisisnya melihat negara-negara di Asia -tidak termasuk China, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Utara. Menariknya, Arab Saudi berada di peringkat atas mengalahkan negara-negara yang selama ini kita kenal sebagai penguasa teknologi seluler di dunia.

Berikut adalah sembilan negara teratas dengan kecepatan unduh 5G tertinggi di dunia:

Arab Saudi
Pada Juni 2019, STC Group secara resmi mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Arab Saudi. Perusahaan ini menjadi operator pertama di Kerajaan yang menyediakan layanan tersebut secara komersial dan menyediakannya bagi pelanggan di sejumlah kota di Saudi.

Secara global, pengguna 5G di Arab Saudi melihat kecepatan unduh rata-rata tercepat secara keseluruhan. Negara Asia Barat itu mencatat pengalaman kecepatan unduh 414,2 Mbps.
Mengejutkan, Ternyata Kecepatan Unduh 5G Arab Saudi Tertinggi di Dunia

Korea Selatan
Korea Selatan adalah negara pertama di dunia yang secara komersial meluncurkan 5G pada 3 April 2019. Saat itu, SK Telecom Co., KT Corp., dan LG Uplus Corp. semuanya menggunakan jaringan 5G di seluruh negeri.

Saat ini, sekitar 85 dari lebih dari 100 kota di negara ini memiliki jaringan 5G. Selain itu, pada April 2020, Korea Selatan memiliki lebih dari enam juta pelanggan 5G. Sejauh menyangkut kecepatan unduh 5G, Korea Selatan berada di posisi kedua dengan kecepatan unduh rata-rata 312,7 Mbps.

Australia
Meskipun komersialisasi 5G di Australia dimulai pada 2019, hanya kota-kota tertentu yang memiliki jaringan internet supercepat untuk saat ini. Telstra adalah operator pertama di Australia yang meluncurkan jaringan 5G-nya.

Pada Maret 2020, Vodafone mengaktifkan menara 5G pertamanya di Parramatta, New South Wales, dan melanjutkan peluncurannya sepanjang tahun 2020. Saat ini, 5G hanya tersedia di lebih dari 10 kota besar dan kecil di seluruh Australia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1544 seconds (10.177#12.26)