PON XXI 2024: Jawa Barat Raih Medali Emas Pertama dari Cabor Esports Free Fire

Senin, 16 September 2024 - 18:31 WIB
loading...
PON XXI 2024: Jawa Barat...
Kemenangan Jawa Barat di cabor esports Free Fire PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi bukti nyata bahwa esports telah menjadi bagian penting dari olahraga di Indonesia. Foto: Garena
A A A
ACEH - Kontingen Esports Free Fire Provinsi Jawa Barat berhasil meraih medali emas pertama dalam cabang olahraga esports di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut).

Dominan Sejak Awal

Tim Jawa Barat, yang diisi oleh pemain-pemain bintang Free Fire, menunjukkan performa dominan sejak hari pertama pertandingan.
Mereka memimpin klasemen dengan total 90 poin dan terus mempertahankan performa apik hingga hari kedua, bahkan meningkatkan perolehan poin menjadi 122.

Dengan total 212 poin, Jawa Barat meraih medali emas, meninggalkan Sulawesi Selatan (161 poin) dan Papua (144 poin) di posisi kedua dan ketiga.

Kunci Kemenangan: Pemain Profesional dan Pelatih Berpengalaman

Keberhasilan Jawa Barat tidak lepas dari kontribusi para pemain profesional yang tergabung dalam tim, seperti Irgi Ramdani, Raihan Faelani, Muhammad Azriel Maulana, Sulthan Syah Abadi Putra, dan Ridho Alfian Ramadan. Mereka adalah pemain berpengalaman yang membela tim-tim esports besar seperti EVOS Divine, Kagendra, Bigetron Delta, hingga MBR Epsilon.

Selain itu, duet pelatih Christian "Chrisjo" Jonathan Pascoal dan Arif “AK” Kurniawan juga berperan penting dalam kemenangan ini. Keduanya adalah pelatih berpengalaman yang telah menangani tim-tim papan atas di Free Fire.

Prestasi Gemilang Chrisjo dan Ridho Alfian

Bagi Chrisjo dan Ridho Alfian, medali emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini menambah koleksi prestasi mereka setelah sebelumnya meraih trofi di Free Fire World Series (FFWS) Indonesia 2024 Fall. Menariknya, kemenangan di FFWS Indonesia 2024 Fall juga mereka raih saat bertanding di Bandung, Jawa Barat, provinsi yang mereka wakili di PON XXI.

"Menjadi kontingen pertama yang menyumbang medali emas dari cabor esports merupakan catatan yang sangat spesial bagi kami di kontingen Jawa Barat," ujar Chrisjo. Ia berharap prestasi ini menjadi awal yang cerah bagi perkembangan esports di Provinsi Jawa Barat.

Free Fire: Cabor Esports Pertama yang Rampung di PON XXI

Free Fire adalah cabor esports pertama yang diselenggarakan dan pertama selesai di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Pertandingan berlangsung pada 14-15 September 2024, mempertemukan kontingen dari 12 provinsi terbaik di Indonesia.

Mereka bertanding sebanyak 10 ronde selama 2 hari di hadapan para pendukung secara offline di MICC, Medan.

Klasemen Akhir Cabor Esports Free Fire PON XXI Aceh-Sumut 2024

Provinsi Jawa Barat (212 Poin)
Provinsi Sulawesi Selatan (161 Poin)
Provinsi Papua (144 Poin)
Provinsi Sulawesi Utara (133 Poin)
Provinsi Sulawesi Tenggara (128 Poin)
Provinsi Sumatra Selatan (115 Poin)
Provinsi Bali (100 Poin)
Provinsi Riau (79 Poin)
Provinsi Sumatra Utara (73 Poin)
Provinsi Gorontalo (62 Poin)
Provinsi Aceh (51 Poin)
Provinsi Jawa Tengah (34 Poin)

Esports di PON XXI

Free Fire sendiri merupakan salah satu dari lima nomor game yang dipertandingkan dan menyediakan medali resmi di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Secara total, ada tujuh game yang dipertandingan di PON kali ini, dengan dua game lainnya dipertandingan di nomor eksibisi.



Babak utama cabor esports PON XXI diikuti oleh perwakilan dari 24 provinsi yang terdiri dari 260 atlet dan 52 kontingen esports, serta 16 atlet dan 6 kontingen mengikuti babak eksibisi. Cabor esports PON XXI 2024 Aceh-Sumut berlangsung dari 13 September hingga 19 September 2024.

Cabor Esports PON XXI Aceh-Sumut 2024 terselenggara berkat kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON), dan Pengurus Besar Esports Indonesia(PBESI).
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)