Apple Pastikan iPhone 16 Hadir untuk Menjawab Teknologi AI China

Jum'at, 13 September 2024 - 06:05 WIB
loading...
Apple Pastikan iPhone...
Apple luncurkan iPhone 16. FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Apple telah memperkenalkan iPhone 16 dengan integrasi kecerdasan buatan (AI) yang akan mengubah cara kerja perangkat ini. Berbeda dengan pendekatan sebelumnya yang lebih menitikberatkan pada peningkatan perangkat keras, peluncuran ini menandai langkah besar Apple dalam dunia AI.


Seperti dilansir dari CNET, Apple memperkenalkan Apple Intelligence, teknologi AI terbaru yang dapat menghasilkan teks, gambar, dan konten lainnya berdasarkan permintaan.

Apple juga memperkenalkan versi terbaru dari asisten suara Siri, yang kini terintegrasi dengan ChatGPT, chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI dan didukung oleh Microsoft.

Dengan peluncuran iPhone 16, Apple berharap dapat mengatasi persaingan ketat, terutama dari Huawei di China, di mana konsumen sangat menginginkan fitur-fitur AI dan siap membayar lebih untuk teknologi tersebut. Huawei dijadwalkan mengumumkan produk baru hanya beberapa jam setelah acara Apple.

Namun, Apple Intelligence harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah China sebelum dapat diluncurkan di pasar tersebut. Pada bulan Juli lalu, OpenAI memblokir akses ChatGPT di China, yang berpotensi memengaruhi integrasi chatbot ke dalam Siri.

"Pasar China lebih haus akan fitur AI dibandingkan pasar AS," kata Ben Bajarin, CEO dan analis utama Creative Strategies.

"Akan sangat sulit untuk langsung menghadirkannya di China, sehingga mereka akan lebih fokus pada keunggulan perangkat keras."

Di China, Apple sebelumnya telah memangkas harga secara agresif akibat pembatasan dari pemerintah dan meningkatnya persaingan domestik.

Lini iPhone 16 akan menjadi smartphone pertama Apple yang didesain khusus dengan fitur AI, meskipun fitur tersebut juga akan tersedia pada iPhone 15 Pro dan Pro Max, versi premium dari generasi sebelumnya. Selain itu, versi terbaru dari Apple Watch dan AirPods juga diperkirakan akan diperkenalkan.

"Peningkatan dari sisi perangkat lunak, dan bagaimana Apple menekankannya, menjadi pertanyaan besar," kata Bajarin. "Investor akan mencari tahu apakah pembaruan ini cukup menarik untuk mendorong siklus upgrade yang lebih besar dari biasanya."

Pesaing utama seperti Google juga menampilkan fitur AI untuk menantang dominasi Apple di pasar smartphone kelas atas. Google, yang mengembangkan sistem operasi Android yang bersaing dengan iOS milik Apple, biasanya meluncurkan smartphone Pixel pada musim gugur. Namun, tahun ini acara tersebut dipercepat menjadi bulan Agustus sebelum pengumuman Apple.

Hingga saat ini, Apple baru membagikan timeline peluncuran Apple Intelligence di Amerika Serikat, yang dijadwalkan rilis pada musim gugur untuk perangkat ini.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)