Fufufafa Muncul Akibat Lupa Password, Ini Kronologi Lengkapnya

Senin, 09 September 2024 - 18:28 WIB
loading...
Fufufafa Muncul Akibat...
Fufufafa Muncul Akibat Lupa Password. FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Komentar-komentar akun Fufufafa tengah menjadi sororota netizen Indonesia. Pasalnya Fufufafa secara terang-terangan menyerang tokoh besar di Indonesia seperi Prabowo dan SBY. Akun Fufufafa mencuat karena lupa sandi.



Menurut Roy Suryo, Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen memaparkan dalam postingannya pada 6 September lalu, Postingan dari KasKus Addict (istilah yang lazim dipakai untuk pengguna KasKus) bernama “Fufufafa” ini mulai banyak ditampilkan kembali jejak digitalnya oleh para private detective dunia maya tersebut.

'' Akun Fufufafa awalnya menggunakan akun Raka Gnarly, tapi karena lupa password menggantinya dengan akun Fufufafa,'' tulis Roy Suryo.

Berangkat dari dua kasus tersebut, terlepas dari siapa yang melakukannya, dunia virtual memang telah menjadi ruang kebebasan berekspresi, tapi ada baiknya juga untuk tetap mengedepankan nilai moral yang berlaku di masyarakat.

Karena menurut SaFEnet, terdapat 48 kasus pelanggaran kebebasan berekspresi di ruang digital pada April-Juni 2024. Di sisi lain, masyarakat biasanya acuh terhadap jejak digital kita dilakukan kapan, meski dilakukan di masa lalu, masyarakat tetap menganggapnya buruk.

Menghindari Jejak Digital yang Buruk

Jadi kunci pentingnya bagi kita yang ingin menggunakan media sosial dan web adalah sikap kebijaksanaan. Sikap kebijaksanaan meliputi:

1. Membuat konten-konten dengan orientasi membangun citra diri yang positif;

2. Berpikir mendalam tentang apa yang ingin dibuat di dunia virtual. Utamanya berpikir tentang konsekuensi yang akan ditanggung. Dalam hal ini, bisa juga meminta pendapat kepada orang lain;
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)