Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Business tanpa Aplikasi Tambahan

Minggu, 01 September 2024 - 15:04 WIB
loading...
Cara Menggunakan Chatbot...
WhatsApp Business . FOTO/ CNET
A A A
JAKARTA - Cara menggunakan Chatbot WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger bisa dilakukan. Namun, Anda harus memilih salah satu aplikasi saja yang dapat digunakan pada satu perangkat dengan satu nomor.



Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai membuat chatbot untuk WhatsApp Bisnis Anda.

1. Unduh Aplikasi WhatsApp Business
Pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business dari toko aplikasi. Jika Anda ingin menghubungi pelanggan Anda melalui WhatsApp, kami sarankan menggunakan WhatsApp Business. Hal itu dikarenakan WhatsApp Business mempunyai fitur-fitur yang tidak terdapat pada WhatsApp biasa, seperti: Kelola profil perusahaan Anda, termasuk katalog, kategori, nama, jam kerja, dan bahkan chatbot dan penjawab otomatis.

2. Tentukan Profil WhatsApp Business Anda
Ada dua jenis akun profil WhatsApp Business: akun biasa dan akun resmi. Jika Anda baru memulai bisnis atau belum memiliki banyak pelanggan, Anda bisa menggunakan akun biasa. Yang terpenting, Anda harus menggunakan WhatsApp Business untuk memfasilitasi komunikasi dengan pelanggan Anda.

Anda mungkin pernah melihat tanda centang hijau di sebelah nama perusahaan di akun WhatsApp Business Anda. Fitur ini tersedia untuk akun resmi yang menggunakan platform WhatsApp Business, berbeda dengan WhatsApp Business di App Store.Untuk mendapatkannya, Anda perlu bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) seperti Jatis Mobile.

3. Buat Profil Bisnis
Setelah Anda mengatur jenis akun, Anda dapat membuat profil bisnis Anda. Masukkan informasi seperti nama perusahaan, jam kerja, kategori perusahaan, dan foto profil. Anda juga dapat menambahkan katalog sehingga pelanggan Anda dapat melihat produk apa saja yang sedang dijual. Katalog ini juga memiliki ikon keranjang belanja yang berfungsi sebagai kasir, sehingga pelanggan tidak perlu lagi memasukkan daftar pesanan.

4. Buat Balasan atau Pesan Otomatis
Terakhir, barulah Anda bisa membuat chatbot berupa pesan atau balasan otomatis. Anda hanya perlu menggunakan fitur chatbot dari WhatsApp Business. Caranya sederhana, cukup ketikkan beberapa pesan atau respon untuk melayani pelanggan, mulai dari sapaan, proses jual-beli, hingga respon ketika sedang offline.

Nantinya, pesan tersebut akan terkirim secara otomatis ketika ada pelanggan yang mengirim pesan ke akun bisnis Anda.

Selain fitur WhatsApp Business, Anda pun bisa menggunakan website atau aplikasi pihak ketiga untuk membuat chatbot dengan pesan yang lebih bervariasi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)