Penting, Segini Durasi Waktu Fastboot Ponsel Android

Rabu, 14 Agustus 2024 - 23:06 WIB
loading...
Penting, Segini Durasi...
Mode fastboot berlangsung selama perangkat Android terhubung ke komputer atau dalam mode fastboot. Foto/Engadget
A A A
JAKARTA - Ponsel Android masih menerapkanprotokol sistem untuk melakukan sejumlah tindakan seperti flash firmware, menginstal pemulihan kustom, atau membuka kunci bootloader alias fastboot . Durasi waktu fastboot patut diperhatikan sebagai penanda proses tersebut.

Fastbootmemberikan kendali yang lebih besar atas perangkat Android dibandingkan dengan Mode Pemulihan (Recovery Mode). Mode fastboot berlangsung selama perangkat Android terhubung ke komputer atau dalam mode fastboot.

Secara default, fastboot tidak akan berhenti secara otomatis. Perangkat akan tetap berada dalam mode fastboot sampai pengguna keluar dari mode tersebutdengan mengetikkan perintah "fastboot reboot" di command prompt atau terminal pada komputer dan menahan tombol on/off selama lima detik.

Melansir berbagai sumber, durasi waktu fastboot akan berlangsung selama pengguna membiarkannya aktif. Untuk keluar dari mode fastboot, pengguna perlu mengeluarkan perintah atau menekan tombol tertentu.



Ponsel keluar dari mode fastboot apabila daya baterainya habis. Masalahnya, sangat lama menunggu sampai baterai ponsel habis sepenuhnya.

Beberapa perangkat Android mungkin mengalami masalah perangkat keras atau lunak yang terjebak dalam mode fastboot. Kondisi ini bisa terjadi karena kerusakan perangkat keras atau pembaruan sistem yang tidak berhasil.

Ada beberapa alasan perangkat Android mungkin tidak keluar dari mode fastboot. Beberapa penyebab umumnya karena kerusakan pada firmware atau sistem operasi Android. Hal ini menyebabkan ponsel tidak bisa boot ke mode normal. Akibatnya, ponsel akan terus berada di mode fastboot.



Cobalah me-flash ulang firmware atau sistem operasi Android dengan menggunakan firmware resmi dari pabrikan ponsel . Selain itu dapat mencoba menggunakan firmware custom yang kompatibel dengan ponsel.

Masalah pada hardware ponsel, seperti kerusakan pada tombol power atau volume, dapat menyebabkan ponsel tidak bisa keluar dari mode fastboot. Untuk mengatasi masalah ini, dapat mencoba melakukan pengecekan hardware ponsel di service center resmi. Penyebabnya tombol fisik volume yang rusak karena mengalami short.

Perangkat yang berada dalam mode fastboot tidak akan menghapus data pengguna. Namun, data dapat terpengaruh jika pengguna menjalankan perintah tertentu, seperti flashing firmware.Penting untuk selalu berhati-hati, membuat cadangan data, dan memahami konsekuensi saat menggunakan mode fastboot untuk menjaga data tetap aman.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)