Apa Arti Fastboot? Simak Penjelasannya

Jum'at, 12 Juli 2024 - 21:56 WIB
loading...
Apa Arti Fastboot? Simak...
Apa Arti Fastboot?. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - SEO tekno

Apa Arti Fastboot? Simak Penjelasannya

JAKARTA - Apa arti fastboot? Pertanyaan semacam ini mungkin pernah terlintas oleh pengguna smartphone.

Istilah fastboot sendiri sebenarnya bukan tanda kerusakan pada HP. Sebaliknya, mode tersebut menjadi salah satu sistem yang berguna pada perangkat.

Lalu, apa arti fastboot sebenarnya? Berikut ini ulasan lengkapnya dari pengertian, fungsi hingga cara aksesnya.

Apa Arti Fastboot?


Fastboot merupakan mode pemulihan yang tersedia di perangkat Android. Mode ini memungkinkan pengguna untuk memperbaiki kerusakan atau error tertentu yang terjadi pada perangkatnya.

Misalnya, flash sistem operasi, install firmware baru, debugging, dan menghapus data. Selain itu, mode fastboot juga memiliki fungsi lain seperti melakukan recovery, pembaruan firmware, dan masih banyak lainnya.

Namun, penting diketahui bahwa penggunaan mode fastboot ini lebih ditujukan untuk mereka yang sudah memiliki pengetahuan teknis lebih baik atau berpengalaman. Apabila Anda tidak yakin, lebih baik hindari menggunakannya.

Fungsi Fastboot


Sedikit dijelaskan di atas, mode fastboot memungkinkan pengguna melakukan banyak hal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini contohnya:

1. Debugging

Pada penggunaannya, pengguna dapat memanfaatkan fastboot untuk melakukan debugging. Sebagai informasi, debugging ini adalah proses mencari dan menghapus suatu bug dalam sebuah program atau sistem agar dapat diperbaiki.

Melihat beragam manfaatnya, kinerja perangkat bisa menjadi lebih optimal ketika bug ditemukan dan teratasi. Namun, sekali lagi perlu diperhatikan bahwa langkah-langkah penggunaanya tidak boleh sembarangan.

2. Instalasi Firmware

Fastboot juga memungkinkan pengguna menginstal firmware baru pada perangkatnya. Selain itu, dapat pula melakukan upgrade versi firmware terdahulu yang sebelumnya terpasang

3. Akses ke Partisi

Melalui fastboot, pengguna bisa mengakses dan melakukan operasi pada partisi tertentu di perangkatnya. Kondisi ini memungkinkannya untuk melakukan aktivitas seperti mem-flash atau menghapus partisi.

Cara Masuk ke Mode Fastboot


Akses masuk ke fastboot dapat berbeda pada masing-masing perangkat. Namun, umumnya perbedaan tersebut tidak terlalu jauh. Berikut contohnya pada HP Redmi:

1. Lewat Kombinasi Tombol
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)