5 Cara Menghapus Memori Penuh di HP Poco, Gampang Banget!

Rabu, 31 Juli 2024 - 17:31 WIB
loading...
5 Cara Menghapus Memori...
Cara menghapus memori penuh di HP Poco penting dipahami pengguna. Foto: Poco Indonesia
A A A
JAKARTA - Cara menghapus memori penuh di HP Poco bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna bisa mencoba mengosongkan sebagian ruang penyimpanan dengan menghapus file atau aplikasi tak terpakai pada perangkat.

Pada smartphone modern, produsen biasa membekali perangkatnya dengan memori internal yang besar. Namun, tetap saja dalam pemakaian sebagian pengguna masih mengalami masalah seperti penyimpanan penuh.

Meski terbilang sepele, masalah tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika sampai memori internal penuh, kinerja perangkat dapat terganggu saat digunakan.

Kondisi memori internal penuh umumnya terjadi pada hampir seluruh ponsel android, termasuk Poco. Namun, Anda tak perlu khawatir karena masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi. Simak ulasannya berikut.

Cara Menghapus Memori Penuh di HP Poco

1. Membersihkan Cache

Kondisi cache yang menumpuk di HP Poco bisa membebani memori internal. Untuk itu, pengguna tidak boleh perlu membersihkannya secara rutin.

Caranya cukup mudah. Pengguna Poco bisa menggunakan aplikasi bawaan perangkatnya untuk membersihkan cache yang bersarang.

Jika dirasa masih kurang yakin, Anda dapat mengunduh aplikasi pembersih cache lain di Play Store. Cari yang memiliki rating tinggi atau setidaknya cukup terkenal.

2. Bersihkan Data Media Aplikasi

Pada penggunaan aplikasi, perangkat juga akan menyimpan data-data baru setiap harinya. Kondisi ini juga memengaruhi ruang penyimpanan yang semakin sempit.

Sebagai solusi, Anda dapat menghapus data media dari aplikasi yang terpasang. Misalnya WhatsApp. Berikut caranya:

-Buka File Manager di perangkat
-Cari folder WhatsApp
-Jika sudah, masuk ke folder ‘Media’
-Pada folder tersebut, akan muncul berbagai kategori data yang tersimpan, seperti gambar, audio, video hingga dokumen
-Cari dan pilih file yang tidak penting, lalu hapus.
-Selesai.

3. Hapus Aplikasi Berukuran Besar

Aplikasi edit video, fotografi hingga game berbasis online memiliki ukuran yang besar. Selain ukuran aplikasinya, data-data yang termasuk di dalamnya juga akan semakin memenuhi penyimpanan.

Saat memori HP Poco penuh, pengguna bisa mencoba untuk menghapus aplikasi yang berukuran besar. Jika tidak memungkinkan, uninstal aplikasi lain yang mungkin jarang digunakan agar ruang penyimpanan sedikit lega.

4. Kurangi Penyimpanan Foto dan Video

File seperti foto dan video dari kamera perangkat biasanya memiliki ukuran besar. Terlebih bagi pengguna yang sering berfoto, hasil-hasilnya akan memenuhi ruang penyimpanan secara signifikan.

Sebagai solusi, pastikan untuk mengurangi file seperti foto dan video di perangkat. Jika ingin menyimpannya lebih lama, simpanlah di cloud seperti Google Photos atau Dropbox.


5. Pindahkan Data Penting ke Komputer/Laptop

Apabila perangkat menyimpan banyak file penting yang tidak memungkinkan untuk dihapus, Anda dapat memindahkannya ke media lain. Misal, seperti laptop atau komputer.

Itulah beberapa cara menghapus memori penuh di HP Poco. Semogabermanfaat.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)