6 Fitur AI Baru Google Maps, Bikin Anti Tersesat

Senin, 22 Juli 2024 - 15:01 WIB
loading...
6 Fitur AI Baru Google...
Google Maps meluncurkan fitur terbaru untuk memudahkan pengguna. Foto/Android Police
A A A
JAKARTA - Aplikasi penunjuk arah Google Maps selalu punya fitur terbaru buat penggunanya. Kali ini ada 6 fitur artificial intelligent (AI) yang memudahkan perjalanan, detil, dan anti tersesat.

Hampir setiap tahun Google Maps merilis fitur baru. Kali ini keakuratan petunjuk arahnya lebih detil karena menggunakan teknologi AI .

Melansir Business Bulls, Senin (22/7/2024) berikut 6 fitur AI Google Maps anti tersesat.

1. Chat dengan Google


Malu bertanya sesat di jalan. Peribahasa itu seakan dipakai Google Maps dengan menyediakan kolom chat interaktif untuk bertanya tentang detil suatu tempat. Bagi kaum introvert, fitur ini mungkin sangat menolong karena chat bisa direspons la gsung dan user-friendly.

2. Live View (AR/Augmented Reality)


Navigasi dengan AR membantu pengguna menemukan arah dengan lebih mudah dan intuitif. Fitur ini menggunakan kamera smartphone untuk menampilkan petunjuk arah secara real-time berupa gambar sekitar tempat yang dituju secara nyata. Pengguna dapat melihat panah yang menunjukkan arah yang harus diambil, serta informasi jarak dan waktu tempuh.


3. Photo-Based Search


Foto-foto kiriman dari pengguna Google Maps lainnya dapat menjadi referensi dan petunjuk tentang tempat yang dicari. Temukan informasi dengan lebih cepat dan mudah dengan Search Live. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi tentang suatu tempat, seperti restoran, toko, atau objek wisata, langsung dari kamera smartphone. Cukup arahkan kamera ke tempat yang ingin dituju, dan Google Maps akan menampilkan informasi terkait, seperti ulasan, foto, dan jam buka.

4. Lens in Maps


Google Maps juga membantu menjelajahi suatu tempat setelah ketibaan. Misalnya, saat pengguna keluar dari stasiun kereta bawah tanah atau ingin menemukan kedai kopi terdekat dengan Lens in Maps.

Pengguna dapat menggunakan AI dan augmented reality untuk cepat menemukan tempat-tempat menarik di sekitar. Cukup ketuk ikon Lens di bilah pencarian, lalu angkat ponsel untuk menemukan informasi tentang ATM, stasiun transit, restoran, kedai kopi, atau toko-toko di sekitar. Pembaruan terbaru memperluas cakupan fitur ini, sehingga sekarang Lens di Maps tersedia di lebih dari 50 kota baru, termasuk Austin, Las Vegas, Roma, SĂŁo Paulo, dan Taipei.

5. AI Recommendation


Pengguna bisa mendapatkan lebih banyak inspirasi tempat baru untuk hal-hal yang ingin dulakukan. Saat mencari tempat khusus seperti “animal latte art,” hasil pencarian akan menampilkan foto-foto yang sesuai dengan permintaan.

Foto-foto ini berasal dari jutaan gambar yang telah dibagikan di Google Maps, semuanya diproses dengan AI dan teknologi pengenalan gambar canggih. Pengguna dapat melihat daftar visual tempat-tempat ini dan memilih yang sesuai dengan minat.



Lalu pengguna akan dengan mudah mendapatkan arah ke lokasi tersebut. Fitur ini telah diluncurkan di beberapa negara, dan akan segera tersedia di lebih banyak negara.

Jadi, jika bingung tentang apa yang harus dilakukan dan membutuhkan ide, Google Maps dapat membantu. Misalnya, jika berada di Tokyo, pengguna bisa mencari hal-hal yang ingin dilakukan dan akan mendapatkan saran berdasarkan tema seperti “bunga sakura” atau “pameran seni.”

Pengguna bisa memilih tempat yang diminati dan menyimpannya untuk kunjungan di lain waktu. Fitur ini tersedia di seluruh dunia di Android dan iOS. Google Maps menawarkan fitur yang sangat inovatif dengan dukungan AI. Hal ini meningkatkan pengalaman penggunaan Google Maps semakin menyenangkan dan membantu dalam kehidupan sehari-hari.

6.Mode Hemat Baterai yang Lebih Baik


Hemat baterai ponsel saat bepergian dengan Mode Hemat Baterai yang lebih baik. Mode ini mengoptimalkan penggunaan baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang tidak perlu, seperti pembaruan peta secara real-time dan lokasi latar belakang. Pengguna dapat menjelajahi lebih lama tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Fitur baru Google Maps terus menyediakan berbagai panduan dan tutorial untuk membantu pengguna memanfaatkan berbagai fitur dengan maksimal. Pengguna dapat menemukan tips untuk menggunakan navigasi, mencari informasi, dan bahkan menghemat baterai.

Google Maps juga berkomitmen menyediakan aksesibilitas yang lebih baik bagi semua penggunanya. Fitur-fitur baru seperti panduan suara yang lebih jelas dan informasi visual yang lebih mudah dipahami membantu pengguna dengan keterbatasan penglihatan dan pendengaran untuk menjelajahi dunia dengan lebih mudah.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)