Gembong Hacker Ini Muncul Bagikan Cara Mudah Membobol Data

Minggu, 30 Juni 2024 - 15:07 WIB
loading...
Gembong Hacker Ini Muncul Bagikan Cara Mudah Membobol Data
Salah satu peretas yang terlibat, yang dikenal dengan nama Kingpin. FOTO/ UNILAD
A A A
KAIRO - Para peretas yang berhasil membobol dompet Bitcoin senilai USD3 juta setelah 11 tahun lamanya, akhirnya buka suara mengenai cara mereka melakukannya.



Kisah ini menunjukkan bahwa dunia peretasan tidak melulu tentang kejahatan, tetapi juga tentang membantu meningkatkan keamanan dan bahkan mengembalikan harta yang hilang.

Salah satu peretas yang terlibat, yang dikenal dengan nama "Kingpin" secara online, dihubungi oleh pemilik mata uang kripto anonim yang kehilangan akses ke dompetnya selama 11 tahun karena lupa kata sandi.

Dompet tersebut berisi Bitcoin senilai USD3 juta pada saat itu, yang nilainya melonjak drastis karena kenaikan harga Bitcoin selama bertahun-tahun.

Pemilik dompet kehilangan akses karena menggunakan kata sandi yang dibuat oleh pengelola kata sandi acak bernama RoboForm.

Ketakutan akan peretasan membuatnya enggan menyimpan kata sandi di komputer, sehingga ia menyimpannya dalam file terenkripsi. Namun, file tersebut rusak dan kata sandi pun hilang.

Berputus asa, pemilik dompet pun menghubungi Grand, yang terkenal di komunitas peretas karena berhasil membantu pemilik kripto lain memulihkan akses ke mata uang kripto senilai jutaan dolar.

Awalnya, Grand enggan membantu karena kesibukan, namun ia akhirnya tergerak untuk membantu pemilik dompet Bitcoin ini.

Dalam video YouTube yang diunggah Grand, pemilik dompet menjelaskan, "Saya membuat kata sandi, menyalinnya, memasukkannya ke dalam frasa sandi dompet, dan juga di file teks yang kemudian saya enkripsi."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)