Fitur Mudah Digunakan, Platform Digital Bantu UMKM Naik Kelas

Jum'at, 28 Juni 2024 - 14:15 WIB
loading...
Fitur Mudah Digunakan, Platform Digital Bantu UMKM Naik Kelas
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meluncurkan Platform Digital. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
BERLIN - Di era digita l ini, teknologi digital hadir sebagai alat yang ampuh untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Berbagai peluang dan kemudahan kini terbuka lebar bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, dan meningkatkan daya saing.



Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia terus mendorong komitmen memajukan UMKM melalui Gerakan Kewirausahaan Nasional yang diadaptasi dalam program WikiWirausaha dan WikiExport.

“ Upaya ini dilakukan melalui berbagai cara, seperti pelatihan, pendampingan, pembukaan akses modal, maupun akses pasar. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital juga menjadi perhatian utama. Dengan begitu, diharapkan UMKM bisa meningkatkan kapasitasnya dan memperluas pasar," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid.

WikiWirausaha adalah sebuah platform sebagai direktori bagi stakeholder mulai dari pelaku UMKM, perusahaan besar, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya untuk berkoneksi dan mendukung UMKM naik kelas dengan membagikan informasi seputar akses pasar, akses keuangan, dan pengetahuan.

Adapun WikiExport merupakan inisiatif yang dikembangkan Kadin Indonesia sejak Oktober 2022 bersamaan dengan Gerakan Kemitraan Inklusif. Inisiatif kolaboratif ini merupakan upaya pembinaan dan peningkatan kapasitas UMKM termasuk dalam membuka askes pasar global.

Saat ini, ada lebih dari 200 UMKM yang sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan ekspor bersertifikat melalui platform wikiexport.JP (wiki learn) dan wiki Do yang telah siap melakukan business matching dengan potential buyer maupun mitra luar negeri.

Selain WikiWirausaha dan WikiExport, Kadin Indonesia juga terus berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dalam upaya meningkatkan kapasitas UMKM, antara lain membantu UMKM dalam proses onboarding digital sehingga mereka terkoneksi dengan ekosistem digital dan memberikan pendampingan legal gratis bagi UMKM dalam menyelesaikan sengketa bisnis.

“Salah satu advokasi yang telah Kadin Indonesia lakukan adalah Insentif Super Tax Deduction untuk perusahaan yang membina UMKM. Kadin Indonesia mendorong perusahaan bisa mendapat insentif pajak dari program pembinaan UMKM karena program-program ini berdampak langsung bagi kapasitas usaha UMKM tersebut,” tutuP Arsjad.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)