3 Cara Mengatasi Layar Mati saat Menelpon di HP realme

Jum'at, 21 Juni 2024 - 15:06 WIB
loading...
3 Cara Mengatasi Layar Mati saat Menelpon di HP realme
Cara mengatasi layar mati saat menelpon di HP realme penting dipahami. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi layar mati saat menelpon di HP realme penting diketahui. Tak perlu khawatir, solusinya bisa dilakukan dengan mudah melalui menu pengaturan.

Pada beberapa kasus, masalah seperti layar mati saat menelpon tidak selalu terjadi karena kerusakan hardware. Adapun penyebabnya justru berkaitan dengan fitur sensor jarak atau sensor Proximity pada perangkat yang digunakan.

Sebagai informasi, sensor Proximity merupakan sebuah teknologi yang berfungsi untuk mendeteksi seberapa dekat pengguna dengan perangkatnya. Sensor ini bisa menonaktifkan lampu layar ketika pengguna menempelkan ponselnya di telinga untuk menerima panggilan telepon.

Lebih jauh, tujuan dari keberadaan sensor ini sebenarnya cukup bagus, yakni mencegah sentuhan yang tidak disengaja. Kendati begitu, pasti tetap ada sebagian pengguna yang tidak suka layar ponselnya mati ketika menelpon.

Menurut laman resmi realme, ada beberapa penyebab layar ponsel mati atau tetap berwarna hitam saat melakukan panggilan telepon. Di antaranya pengaruh keberadaan fitur sensor proximity, keberadaan aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel, ruang memori telepon penuh hingga anomali operasi sistem.

Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi layar mati saat menelpon di HP Realme? Berikut ini ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Cara Mengatasi Layar Mati saat Menelpon di HP Realme

1. Kosongkan Memori dan Restart Perangkat

Selain karena sensor, layar ponsel mati saat menelpon juga bisa disebabkan karena memori penuh atau terjadinya anomali pada sistem. Solusinya cukup mudah, yakni hanya dengan mengurangi beban pada ruang penyimpanan.

Setelah itu, cobalah untuk melakukan restart terhadap perangkat. Jika sudah pulih, maka caranya telah berhasil.

2. Mematikan Sensor Proximity

Cara ini digunakan apabila pengguna ingin mematikan sensor proximity. Berikut langkah-langkahnya:

-Buka menu Setting atau Pengaturan di HP Realme.
-Gulir layar dan masuk ke opsi ‘About Phone’.
-Aktifkan developer mode dengan mengetuk ‘Build Number’ ponsel Realme sebanyak 5-6 kali hingga muncul notifikasi bahwa Anda adalah seorang pengembang.
-Kembali ke menu Setting awal, pilih System. Lalu, masuk ke Developer Option.
-Pilih Quick Settings Developer Tiles.
-Setelah itu, akan muncul beberapa opsi.
-Nonaktifkan opsi menu Sensor menjadi off.
-Selesai. Sekarang sensor proximity sudah tidak aktif.

Sebagai catatan, ada beberapa dampak saat pengguna menonaktifkan fitur Sensor pada perangkatnya melalui mode developer. Menurut LifeWire, fitur seperti mikrofon, kamera, akselerometer, sensor proximity, dan lainnya tidak dapat diakses lagi melalui ponsel atau aplikasi.

Maka dari itu, Anda sebenarnya tidak dianjurkan untuk menonaktifkan fitur sensor tersebut kecuali untuk keperluan perbaikan ponsel. Jadi, pertimbangkan dulu sebelum melakukannya.


3. Kunjungi Pusat Layanan Realme

Jika masalah belum terselesaikan, Anda bisa meminta bantuan kepada pusat layanan Realme. Langkah ini menjadi yang paling bijak daripada mencoba cara lain yang berisiko merusak perangkat.

Itulah beberapa cara mengatasi layar mati saat menelpondiHPRealme.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)