Riset Terbaru Terkait Pelayanan Platform Belanja Online

Kamis, 20 Juni 2024 - 15:34 WIB
loading...
Riset Terbaru Terkait Pelayanan Platform Belanja Online
Platform Belanja Online. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam perilaku berbelanja online masyarakat.



IPSOS melakukan riset bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” untuk memahami bagaimana platform-platform ini bersaing dalam memberikan pengalaman berbelanja yang holistik.

Andi Sukma, Executive Director IPSOS Indonesia mengatakan sejak kehadiran e-commerce, masyarakat makin mengandalkan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Dengan meningkatnya popularitas belanja online, para platform harus terus berinovasi untuk memenuhi preferensi konsumen yang beragam,” kata Andi dalam laporannya, Kamis (20/6/2024).

Riset IPSOS menemukan Shopee unggul dalam memberikan pengalaman berbelanja online paling memuaskan, dengan 62% responden merekomendasikan platform ini kepada orang lain, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Shopee menonjol dalam berbagai aspek yang mempengaruhi kepuasan konsumen.

Misalnya, 64% responden menganggap Shopee memiliki metode pembayaran paling beragam, termasuk opsi Cash on Delivery (COD) yang didominasi oleh Shopee sebesar 66%. Shopee juga unggul dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dengan persentase 68%, dibandingkan Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

Harga yang kompetitif menjadi salah satu daya tarik utama bagi konsumen. Shopee dikenal dengan program Garansi Harga Termurah, yang diketahui oleh 74% responden.

Ini jauh melampaui Lazada (49%), Tokopedia (47%), dan TikTok Shop (37%). Selain itu, 88% responden sering memanfaatkan program tersebut, menunjukkan dominasi Shopee dalam menawarkan harga termurah.

Pilihan layanan pengiriman yang lengkap juga menjadi faktor penting dalam pengalaman berbelanja. Shopee memimpin dengan 66% responden menyatakan puas dengan pilihan layanan pengirimannya, diikuti oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)