Kabar Gembira, Apple Ciptakan Emoji Kustom di iOS 18

Kamis, 30 Mei 2024 - 08:26 WIB
loading...
Kabar Gembira, Apple Ciptakan Emoji Kustom di iOS 18
Apple mengembangkan program di iPhone yang memungkinkan pengguna membuat emoji kustom menggunakan AI generatif. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - Menjelang peluncuran Apple iOS18 pada September 2024 mendatang, tawaran pembaruan terbaru di fiturnya menggoda para calon pembeli.

Meskipun Apple terkesan absen memamerkan teknologi kecerdasan buatannya (artificial intelligent/AI)dibandingkan raksasa teknologi seperti Google, Microsoft, dan OpenAI, ternyata pembaruannya nyata. Mashable melansir, Kamis (30/5/2024), tentang fitur AI yang kemungkinan akan hadir di pembaruan iPhone berikutnya, iOS 18.

Apple saat ini sedang mengembangkan program di iPhone yang memungkinkan pengguna membuat emoji kustom menggunakan kecerdasan buatan generatif. Belum banyak detail tentang fitur baru ini selain laporan dalam buletin Power On terbaru. Secara umum, perangkat lunak pembuat emoji AI ini berfungsi untuk membuat emoji khusus situasi atau acara apapun menggunakan perintah berbasis teks sederhana.

Apple akan menyediakan emoji terbaru dari Unicode Consortium, termasuk sidik jari. Namun, pengguna kelak bisa membuat emoji kustom sendiri yang disesuaikan secara khusus dengan keinginan mereka.



Emoji buatan AI bukanlah konsep orisinal. Ada sejumlah opsi pihak ketiga yang tersedia secara online maupun di App Store Apple. Namun, produk ini biasanya memerlukan langganan berbayar. Apple ingin membangun layanannya sendiri langsung ke iOS, tanpa mengharuskan pengguna untuk berlangganan layanan lain.

Popularitas penggunaan emoji dari data Bloomberg jumlahnya kian bertambah dari tahun ke tahun. Pengguna bahkan meminta pengembang untuk membuat emoji tertentu. Maka, Apple pun berusaha mewujudkan keinginan pengguna iPhone untuk menyertakan hati berwarna merah muda sederhana, yang telah lama tidak mereka miliki.



Katalog emoji iPhone mencakup berbagai macam gambar, mulai dari keripik tortilla sederhana hingga spons mandi, pisau cukur, disket, atau pompa bensin. Lantaran pilihannya kurang beragam, saat itulah AI dan pembaruan iOS18 dibutuhkan.

Sistem operasi terbaru untuk iPhone akan menampilkan AI generatif yang akan membuat emoji baru berdasarkan apa yang sedang diketik pengguna. Belum jelas seberapa canggih alat ini, tetapi tampaknya menjadi tambahan yang inovatif dan menarik bahkan untuk penggunaan smartphone sehari-hari. Selain emoji yang dibuat secara khusus, pengguna iPhone tentu saja akan memiliki akses ke katalog standar.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6103 seconds (0.1#10.140)
pixels