Gordon Bell, Perancang Minikomputer Legendaris, Meninggal Dunia di Usia 89

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:29 WIB
loading...
Gordon Bell, Perancang Minikomputer Legendaris, Meninggal Dunia di Usia 89
Gordon Bell saat memberikan presentasi. Ia dikenal sebagai orang yang berjasa membuat komputer lebih ringkas. Foto: Evening Standard/Hulton Archive
A A A
AMERIKA - Nama Gordon Bell mungkin tidak sepopuler Steve Jobs. Tapi, sebenarnya Bell adalah orang yang punya jasa besar terhadap perkembangan dunia komputer.

Gordon Bell adalah visioner sejati di dunia komputasi yang membantu merancang beberapa minikomputer pertama pada 1960-an.

Bell tutup usia pada 17 Mei di usia 89 tahun, menurut laporan terbaru dari New York Times. Bell meninggal di Coronado, California karena pneumonia, menurut Times, yang mengutip anggota keluarga Bell yang tidak disebutkan namanya.

Bell kuliah di MIT pada pertengahan 1950-an dan mulai bekerja pada tahun 1960 untuk Digital Equipment Corporation, di mana ia mulai merancang komputer seperti PDP-8, minikomputer pertama yang sukses secara komersial.

PDP-8 yang relatif kecil adalah perangkat revolusioner ketika diperkenalkan pada 1965. Sebab, komputer pada saat itu mahal dan sangat besar. Bahkan, ukurannya bisa mencapai 1 ruangan utuh.

Faktanya, PDP-8 adalah salah satu komputer yang digunakan pada hari-hari awal ARPANET, pendahulu internet modern yang membuat koneksi pertamanya pada 1969.

Seperti yang dicatat oleh Times, beberapa orang menyebut Bell sebagai "Frank Lloyd Wright dari komputer" karena pemikirannya yang sangat visioner di dunia teknologi.

Dikenal Visioner
Gordon Bell, Perancang Minikomputer Legendaris, Meninggal Dunia di Usia 89

Bell menghabiskan 23 tahun di Digital Equipment Corporation sebagai wakil presiden penelitian dan pengembangan sebelum pergi dan ikut mendirikan perusahaannya sendiri, Encore Computer dan Ardent Computer.

Pada 1986, Bell bergabung dengan National Science Foundation dan menjadi penasihat Microsoft pada awal 1990-an sebelum bergabung dengan perusahaan sebagai peneliti senior pada 1995.

Bell lahir pada 19 Agustus 1934, di Kirksville, Missouri dan memiliki masalah kesehatan saat kecil yang membuatnya harus tinggal di rumah, bahkan menghabiskan sebagian besar waktunya pada usia 7 tahun di tempat tidur.

Namun Bell terlahir sebagai ahli teknik, bahkan saat ia berjuang dengan kesehatannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2900 seconds (0.1#10.140)