Dibekali Kecerdasan Buatan, OpenAI Siap Hadirkan Pesaing Google

Senin, 13 Mei 2024 - 14:18 WIB
loading...
Dibekali Kecerdasan Buatan, OpenAI Siap Hadirkan Pesaing Google
OpenAI Siap Hadirkan Pesaing Google. FOTO/ CNET
A A A
MENLO PARK - OpenAI dikabarkan akan meluncurkan pesaing pencarian Google pada hari Senin, 13 Mei 2024. Produk ini, yang diyakini ditenagai AI, berpotensi menantang dominasi Google di pasar mesin pencari.


Pengumuman ini dijadwalkan sehari sebelum Google I/O, konferensi tahunan Google yang biasanya fokus pada inovasi AI dan produk terbarunya, termasuk model bahasa Gemini dan LaMDA.

Seperti dilansir dari The Verge, beberapa laporan sebelumnya dari Bloomberg dan The Information telah mengindikasikan pengembangan produk pencarian berbasis AI oleh OpenAI.

Bloomberg menyebutkan integrasi fitur pencarian ke dalam chatbot ChatGPT mereka, lengkap dengan fitur kutipan. Sedangkan The Information berspekulasi bahwa layanan pencarian OpenAI mungkin "sebagian didukung oleh Bing."

Sebelumnya, OpenAI sempat mencoba memberikan akses langsung ke data web melalui plugin ChatGPT, namun kemudian dihentikan dan digantikan oleh GPT.

Meskipun demikian, ChatGPT, dan chatbot LLM lainnya, dikenal dengan reputasi yang kurang baik dalam menghadirkan informasi yang akurat dan terkini.

Kemunculan pesaing pencarian dari OpenAI ini menandakan langkah penting dalam lanskap pencarian internet.

Masih harus dilihat bagaimana produk ini akan bersaing dengan Google Search dan apakah dapat menawarkan pengalaman pengguna yang lebih unggul, dengan fokus pada akurasi dan relevansi informasi.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)