Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

Sabtu, 27 April 2024 - 12:05 WIB
loading...
Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan
Tesla telah merilis robot Optimus generasi pertama, yang dijuluki Bumblebee, pada September 2022. (Foto: AP)
A A A
JAKARTA - CEO Tesla optimistis akan mulai menjual Optimus pada tahun depan, meskipun robot humanoid itu masih dalam tahap pengembangan. Spesifikasi robot ini adalah untuk menggantikan posisi tenaga kerja manusia dalam melakukan tugas berulang atau berisiko tinggi di industri seperti logistik, pergudangan, ritel, dan manufaktur.

Dilansir dari Al Arabiya, Sabtu (27/4/2024), Musk mengatakan robot Optimus akan mampu melakukan tugas di pabrik pada akhir tahun ini.

Musk sebelumnya pernah mengatakan bahwa penjualan robot bisa menjadi bagian lebih besar dari bisnis Tesla dibandingkan segmen lain, termasuk pembuatan mobil. "Saya pikir Tesla adalah pembuat robot humanoid yang paling mampu mencapai produksi volume dengan inferensi efisien pada robot itu sendiri," kata Musk.

Musk memiliki sejarah gagal memenuhi janjinya. Pada 2019, dia mengatakan kepada investor bahwa Tesla akan mengoperasikan jaringan mobil otonom "robotaxi" pada 2020.



Tesla telah merilis robot Optimus generasi pertama, yang dijuluki Bumblebee, pada September 2022. Tahun ini, perusahaan tersebut memposting video robot bipedal generasi kedua yang sedang melipat T-shirt di fasilitas perusahaan.

Selain Tesla, robot humanoid juga telah dikembangkan selama beberapa tahun oleh Honda Jepang dan Hyundai Motor's Boston Dynamics. Tahun ini, startup Figure yang didukung Microsoft dan Nvidia mengatakan telah menandatangani kemitraan dengan produsen mobil Jerman BMW untuk mengerahkan robot humanoid di fasilitas pembuat mobil tersebut di Amerika Serikat.



Video Figure yang dirilis pada bulan Februari menunjukkan robot 01 sedang membuat kopi. Sementara Boston Dynamics pekan lalu meluncurkan platform elektrik untuk robot humanoid Atlas miliknya, yang terlihat berputar dan berbalik dari posisi berbaring ke berdiri dan berjalan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5130 seconds (0.1#10.140)