TikTok Kembangkan Fitur Kloning Suara AI

Senin, 22 April 2024 - 19:10 WIB
loading...
TikTok Kembangkan Fitur Kloning Suara AI
TikTok tengah mengembangkan fitur baru berbasis kecerdasan buatan. (Foto: TheSpAndroid)
A A A
JAKARTA - TikTok tengah mengembangkan fitur baru berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent/AI) yang memungkinkan mengkloning suara pengguna dalam hitungan detik.

TheSpAndroid ternyata menemukan beberapa kode tersembunyi pada versi terbaru aplikasi ini. Fungsinya menunjukkan fitur suara AI TikTok sedang dalam pengembangan, meskipun belum ada informasi mengenai jadwal peluncurannya.

Situs web tersebut menemukan referensi seperti "Perpustakaan Suara TikTok" dan "Buat suara Anda dengan AI," yang menunjukkan bahwa TikTok mungkin belum menamai fitur tersebut secara resmi. Mereka berhasil mengakses UI awal dan melihat syarat dan ketentuan untuk "Perpustakaan Suara TikTok."

Neowin melansir, Senin (22/4/2024) berdasarkan tangkapan layar dari fitur yang dibagikan oleh situs web tersebut, pengguna bisa mengkloning suara dan menggunakannya dalam Video TikTok. "Buat versi AI dari suara Anda hanya dalam 10 detik! Anda dapat menggunakannya dengan text-to-speech di video TikTok," bunyi keterangan dalam tangkapan layar tersebut.



Tangkapan layar tersebut menyebutkan bahwa TikTok akan memproses rekaman suara dan menggunakan informasi tersebut untuk menghasilkan suara AI. Pengguna harus membaca beberapa teks yang disediakan oleh aplikasi dan merekam suara melalui antarmuka pengguna. Namun, aplikasi ini tidak dapat menghasilkan sampel suara apapun karena tidak ada teks yang muncul pada saat itu, dan menekan tombol rekam secara manual mengakibatkan error.

Suara AI yang dibuat akan tetap bersifat pribadi dan dapat menghapusnya kapan saja dari pustaka suara. Fitur ini mencegah orang lain menggunakan suara pengguna dalam konten. Kemungkinan pengguna hanya perlu merekam suara mereka sekali dan menambahkan suara AI ke dalam video dengan bantuan text-to-speech.



Dalam berita terbaru, perusahaan yang dimiliki ByteDance ini mulai meluncurkan aplikasi berbagi foto TikTok Notes, setelah berbulan-bulan rumor dan spekulasi. Berdasarkan pembongkaran APK, aplikasi yang sebelumnya terungkap ini bekerja mirip dengan Instagram milik Meta dan memungkinkan berbagi foto dengan pengguna lain. Meskipun saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia di beberapa wilayah, penguuna tetap dapat menggunakan TikTok Notes menggunakan akun TikTok yang sudah dimiliki.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2425 seconds (0.1#10.140)