Ceroboh, Identitas Kepala Intelijen Israel Terbongkar 

Senin, 15 April 2024 - 10:05 WIB
loading...
Ceroboh, Identitas Kepala Intelijen Israel Terbongkar 
Mata-mata bernama Yossi Sariel diduga mengepalai Unit 8200 Israel. (Foto: AP)
A A A
JAKARTA - Sebuah kecerobohan kepala intelijen Israel membuat penyamarannya selama 20 tahun terbongkar. Mata-mata bernama Yossi Sariel itu diduga mengepalai Unit 8200 Israel, sebuah tim ahli setara dengan Badan Keamanan Nasional AS atau Markas Besar Komunikasi Pemerintah Inggris.

Kini dia telah dikonfirmasi sebagai penulis buku berjudul "The Human Machine Team" pada 2021 tentang manfaat intelijen dari memasangkan agen manusia dengan kecerdasan buatan tingkat lanjut.

The Register melansir, Senin (15/4/2024) Sariel yang menulis buku dengan nama pena Brigadir Jenderal YS membuat kesalahan krusial setelahThe Guardian menemukan salinan elektronik buku Sariel tersedia di Amazon termasuk email anonim yang dapat dengan mudah ditelusuri ke nama Sariel dan akun Google.



Surat kabar tersebut telah mengonfirmasi data ini dengan sumber-sumber militer Israel bahwa akun tersebut terkait dengan Sariel dan mencatat bahwa banyak sumber telah mengonfirmasi bahwa dialah penulisnya.

Terungkap setelah lebih dari 20 tahun anonimitas bukanlah hal yang membanggakan bagi seseorang yang seharusnya menjadi mata-mata. Kritik terhadap unit elite Unit 8200 pun semakin meningkat sejak Hamas menyerang Israel pada Oktober lalu, yang dianggap sebagai kegagalan intelijen unit Sariel.



Belum diketahui apakah pengungkapannya di hadapan publik akan mengakibatkan penugasan ulang Sariel. Namun hal ini memperjelas satu hal jika seorang mata-mata yang mengepalai unit elit dapat melakukan kesalahan yang membahayakan identitasnya.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)