Jaga Privasi, Ini Cara Blur Tampilan Chat WhatsApp Web

Senin, 18 Maret 2024 - 12:00 WIB
loading...
Jaga Privasi, Ini Cara Blur Tampilan Chat WhatsApp Web
WhatsApp menjadi aplikasi chatting terpopuler. (Foto: The Verge)
A A A
JAKARTA - WhatsApp menjadi aplikasi chatting terpopuler. Penggunanya mencapai jutaan orang di dunia, namun terkadang pengguna memerlukan cara untuk menjaga privasi percakapannya.

Salah satu fleksibilitas dari WhatsApp karena dapat digunakan di berbagai perangkat, seperti tablet hingga desktop secara bersamaan melalui WhatsApp Web.

Hal yang menjadi kekurangan pada WhatsApp Web dari sisi privasi. Orang lain dapat melihat dengan mudah riwayat chat saat mengaksesnya di publik, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan jika seseorang melihat layar.

Untuk menghindarinya, beberapa orang akan mengarsipkan obrolan pribadi atau menghindari percakapan sensitif saat menggunakan aplikasi di desktop. Solusinya yaitu dengan mem-blur tampilan chat, foto profil, nama kontak, hingga konten gambar atau video yang dikirim dengan ekstensi web yang disebut WA Web Plus for WhatsApp atau Privacy Extension for WhatsApp Web.


Berikut cara blur tampilan chat WhatsApp Web di Google Chrome


1. Buka halaman web store pada aplikasi Google Chrome pada desktop anda dengan link berikut: https://chrome.google.com/webstore/unsupported)

2. Ketik “Privacy Extension for WhatsApp Web” atau “WA Web Plus for WhatsApp” pada kolom pencarian web store, kemudian download dan instal.

3. Pilih opsi ‘Add to Chrome’ pada pojok kanan atas layar desktop.

4. Setelah ekstensi Google Chrome disetel sesuai keinginan, buka dan log in WhatsApp Web.



5. Klik ekstensi yang telah diunduh dan diinstal oleh Google Chrome.

6. Fitur blur chat sudah bisa diaktifkan melalui Alt + X, tampilan WhatsApp Web anda sudah nge-blur. Untuk membaca pesan yang blur anda tinggal mengarahkan kursor ke chat tersebut, kemudian akan otomatis tampil normal hanya pada tampilan kursor tersebut.

Selain cara tadi, pengguna juga bisa menambah keamanan dengan memberikan password untuk menjaga chat saat desktop dalam mode sleeping atau saat jauh dengan desktop , sehingga tidak sembarang orang dapat mengakses WhatsApp Web tanpa izin.

MG/Rihhadatul Aisy
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)