NASA Ciptakan Game Canggih untuk Anak-Anak

Senin, 18 Maret 2024 - 10:28 WIB
loading...
NASA Ciptakan Game Canggih untuk Anak-Anak
NASA meluncurkan game untuk membantu anak-anak belajar tentang gerhana matahari. (Foto: Space.com)
A A A
JAKARTA - Badan antariksa Amerika Serikat NASA meluncurkan game terbaru untuk membantu anak-anak belajar tentang gerhana matahari menjelang gerhana matahari total pada tanggal 8 April 2024 mendatang.

Permainan "Snap It! An Eclipse Photo Adventure" meminta pemain untuk membantu seorang wisatawan antarbintang mengambil foto-foto matahari selama perjalanannya ke Bumi. Permainan ini dirancang untuk anak-anak usia tujuh tahun ke atas, dengan pelajaran tentang bagaimana bulan menghalangi cahaya matahari selama gerhana matahari.

Space.com melansir, Senin (18/3/2024), permainan untuk memeringati fenomena alam yang langka di Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada ini disebut-sebut cukup canggih dan inovatif. Rute gerhana dimulai di atas Samudera Pasifik Selatan, lokasi pertama yang mengalami totalitas akan menjadi pantai Pasifik Meksiko sekitar pukul 11.07 pagi waktu setempat.

Gerhana tersebut kemudian akan melintasi 15 negara bagian AS dan keluar dari benua Amerika Utara di pantai Atlantik Newfoundland, Kanada pada pukul 5.16 sore.



Permainan edukatif Snap It! menampilkan karakter alien saat mengunjungi Bumi dari planet yang tidak mengalami gerhana matahari, atau ketika terjadi ketika bulan melintas di antara Bumi dan matahari. Tujuan permainan ini untuk mengambil 20 foto gerhana dan obyek lain yang transit, atau melewati matahari.

Permainan ini dapat dimainkan di komputer atau perangkat apa pun yang terhubung ke internet. Tujuannya mendorong anak-anak untuk menggunakan keyboard dan mouse mereka untuk membantu wisatawan alien mengambil foto-foto matahari.



Foto-foto tersebut dikompilasi dalam sebuah album dengan informasi tentang masing-masing objek berbeda, seperti Parker Solar Probe yang melintas di depan matahari. Kemudian, pemain dapat membuat dan mengunduh kartu pos virtual untuk dibagikan dengan teman dan keluarga.

Selama gerhana matahari total pada tanggal 8 April 2024, bulan tampak hampir sama besar dengan matahari, menghalangi seluruh cakram untuk penonton dalam jalur totalitas, yang lebarnya 162 - 200 kilometer selama beberapa menit. Sebagai gantinya, pengamat akan memiliki pandangan atas atmosfer luar matahari, yang dikenal sebagai korona.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)