Dampak Nintendo Hancurkan Yuzu Mengguncang Dunia Emulator

Jum'at, 15 Maret 2024 - 17:17 WIB
loading...
Dampak Nintendo Hancurkan Yuzu Mengguncang Dunia Emulator
Dampak Nintendo Hancurkan Yuzu. FOTO/ CNET
A A A
TOKYO - Pada tahun 2020, Nintendo mengirimkan pemberitahuan penghapusan DMCA kepada Citra, emulator 3DS populer, yang menyebabkan penghentian pengembangannya.



Seperti dilansir dari The Verge, Jumat (15/3/2024), hal ini memicu ketakutan di komunitas emulator bahwa Nintendo akan terus menargetkan emulator lain, termasuk Yuzu, emulator Nintendo Switch yang terkenal.

Kekhawatiran ini menjadi kenyataan pada tahun 2021 ketika Nintendo mengajukan gugatan terhadap Yuzu LLC, perusahaan di balik emulator Yuzu. Gugatan tersebut menuduh Yuzu melanggar hak cipta dan merek dagang Nintendo.

Pengguna Yuzu kehilangan akses ke salah satu emulator Switch terbaik, yang memungkinkan mereka memainkan game Switch di PC mereka.

Masa depan emulasi Switch menjadi tidak pasti, karena pengguna khawatir tentang emulator lain yang diincar oleh Nintendo.

Pengguna terpaksa beralih ke emulator lain, seperti Ryujinx, yang masih dalam pengembangan dan memiliki kompatibilitas yang lebih rendah.
Dampak pada Pengembang:

Pengembang emulator lain merasa terancam oleh tindakan hukum Nintendo, dan beberapa menghentikan pengembangan proyek mereka.

Pengembangan emulator menjadi lebih sulit karena pengembang harus berhati-hati untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

Komunitas emulator terpecah antara mereka yang mendukung Yuzu dan mereka yang
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3248 seconds (0.1#10.140)