Hati-hati, Ngeshare Give Away Baim Paula bisa Bikin Celaka!

Kamis, 14 Maret 2024 - 06:56 WIB
loading...
Hati-hati, Ngeshare Give Away Baim Paula bisa Bikin Celaka!
Pengguna media sosial diimbau untuk tidak membagikan postingan give away Baim Paula yang merupakan penipuan. Foto: Tangkapan Layar Facebook
A A A
JAKARTA - Warganet harus hati-hati dengan maraknya penipuan yang mengatasnamakan give away dari Baim Wong dan istrinya Paula. Sebab, alih-alih mendapat duit, mereka justru bakal tertipu dan mungkin keluar duit.

Pakar keamanan siber dan forensik digital dari Vaksincom Alfons Tanujaya mengatakan, tren penipuan berbentuk give away yang mengatasnamakan Baim Wong terus terjadi.

“Saya mengimbau jangan membagikan informasi terkait giveawaybaimpaula . Sebab, akan mencelakai teman Anda dan mencuri akun Facebook teman Anda,” ungkap Alfons.

Faktanya, jika kita melakukan pencarian “give away Baim Wong” maka hasilnya sangat banyak grup-grup Facebook yang terkait hal tersebut ataupun postingan soal give away.

“Para pengguna Facebook, harap berhati-hati jika mendapatkan share tautan give away Baim Paula,” ujar Alfons.

Ia mengatakan, bukannya mendapat uang seperti yang dijanjikan, malah Anda akan diminta memasukkan username dan password Facebook.

Kemudian, Alfons melanjutkan, akun Facebook Anda akan dibajak dan digunakan untuk menyebarkan informasi bohong give away Baim Paula.

Untuk menghindarinya, Alfons menyebut bahwa jangan pernah memasukkan username dan password akun Anda dengan alasan apapun. Sekalipun diiming-imingi uang.

“Karena ini adalah bentuk rekayasa sosial, pembohong dan penipu. Kedua, lindungi akun Facebook Anda dengan mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor,” bebernya.

Give away sendiri merupakan fenomena pemberian cuma-cuma atau gratis kepada audiens, dalam ini subscriber Baim-Paula yang dipilih berdasarkan skema tertentu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2516 seconds (0.1#10.140)